Flash InfoLifestyle

Luar Biasa! Inilah Manfaat Pisang untuk Kesehatan

0
kalium kram otot

Star Jogja. HEALTH – Pisang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, seperti seperti membangun otot, pemulihan otot, mengurangi stres.

Pernahkah Anda menginginkan benda ajaib untuk menurunkan berat badan? Harapan itu bisa direalisasikan dengan mengonsumsi pisang setiap hari.Ternyata, pisang tak hanya membantu menurunkan berat badan. Buah ini membantu mengurangi kembung, melawan kanker dan juga sebagai sumber energi.

Mengonsumsi pisang setiap hari, akan member banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, pisang mengandung cukup banyak serat, serta beberapa antioksidan. Ini diperkaya dengan potasium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, protein dan lemak.

Pisang mengandung sekitar 105 kalori dan terdiri dari air, serta karbohidrat. Pisang juga mengandung sedikit protein, hampir tidak ada lemak.

Pisang kaya kaya serat yang disebut pektin. Pisang mentah mengandung pati yang berfungsi seperti serat larut dan karenanya meningkatkan proses pencernaan. Namun, ini mungkin tidak berlaku untuk penderita diabetes, karena mereka harus menghindari memakan banyak pisang masak.

Berikut manfaat dari makan pisang setiap hari :

Sumber : www.boldsky.com

1. Membangun Otot

Pisang adalah sumber zat gizi magnesium, sehingga bisa membantu kontraksi dan relaksasi otot, juga membantu sintesis protein sehingga meningkatkan massa otot tanpa lemak.

2. Membantu pemulihan otot

Pisang mengandung kalium, yang bisa membantu otot pulih lebih cepat dari keausan, dan memperkuat otot. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih banyak, kareana membuat stamina lebih baik

3. Bikin bahagia

Pisang mengandung vitamin B9 atau folat, merupakan nutrisi yang membantu melawan depresi dengan meningkatkan sifat anti-depresan. Ini membantu meningkatkan serotonin, bahan kimia yang menimbulkan perasaan senang, dan ini masuk ke otak lebih cepat

4. Mengurangi stres dan kecemasan

Pisang juga memiliki triptofan, senyawa prekusor serotonin yang membantu mengatasi kecemasan dan insomnia.

Pisang juga mengandung norepinephrine yang mengatur tingkat stres dalam tubuh. Ini membantu memicu suasana hati yang positif dan dengan demikian mencegah depresi.

5. Tidur lebih nyenyak

Pisang mengandung triptofan, prekursor melatonin yang mendorong relaksasi dan membantu mengatur siklus tidur yang lebih baik. Inilah salah satu manfaat kesehatan makan pisang setiap hari.

6. Mengatasi kembung

Pisang membantu melawan retensi gas dan air, karena buah ini meningkatkan bakteri yang sifatnya mengatasi perut kembung. Pisang juga merupakan sumber potasium yang baik, mengurangi retensi cairan dalam tubuh

7. Membakar lemak

Pisang memiliki 12 mg kolin, vitamin pembakar lemak, yang bekerja secara langsung pada gen yang menyebabkan penyimpanan lemak di perut. Makanan tinggi kolin diketahui bisa menghancurkan lemak peru

8. Menstabilkan gula darah

Pisang mengandung serat yang bisa mengurangi lonjakan gula darah dan juga meningkatkan kadar gula darah secara keseluruhan di dalam tubuh.

Diet berdasarkan makanan dengan indeks glikemik (GI) rendah baik untuk penderita diabetes. Ini karena makanan GI rendah diserap lebih lambat dan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap

 

10. Merasa kenyang

Ketika Anda mengonsumsi pisang, maka akan terasa kenyang dalam waktu lama.

Hal ini karena pisang mengandung pati yang sifatnya menahan proses pencernaan. Ini menjadi makanan bagi bakteri baik di usus yang bersifat menekan nafsu makan, sehingga oksidadi lemak lebih efisien. Inilah yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

11. Mengurangi kolesterol jahat

Jika mengonsumsi ‘junk food’, Anda cenderung mengonsumsi lemak trans.

Lemak ini meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol ‘jahat’). Mengonsumsi pisang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh, karena mengandung fitosterol.

 

Batas Pindah Akhir Mei Berlaku Bagi Warga Nonrelokasi

Previous article

66.461 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info