News

Lapas Wirogunan perketat penjagaan antisipasi penyelundupan narkoba

0
Kades Banguncipto diduga korupsi dana desa

StarJogja.com, JOGJA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta telah meminta seluruh petugas lembaga pemasyarakatan memperketat penjagaan untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba dari luar lapas.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY Etty Nurbaiti, kepada Antara mengatakan, sekarang setiap pagi hari sebelum serah terima regu jaga, mereka wajib mengelilingi brandgang (ruangan di antara tembok luar dan sel).

Menurut Etty, pengetatan itu diperlukan seiring tertangkapnya 16 warga binaan yang diketahui positif mengonsumsi narkoba di dalam Lapas Wirogunan pada Januari 2017.

Ia mengatakan pengetatan tidak hanya dilakukan dalam aspek penjagaan, namun juga kunjungan tamu baik orang tua, keluarga, atau teman warga binaan.

Selain pengetatan terhadap mekanisme kunjungan narapidana, menurut dia, pihaknya juga akan melakukan tes urine secara mendadak kepada seluruh staf Lapas dengan waktu yang tidak ditentukan.

Sebelumnya, Kepala Satuan Pengamanan Lapas Wirogunan Yogyakarta Supar menduga kasus 16 warga binaan yang mengonsumsi narkoba mendapatkan narkoba dari sesorang yang melempar barang itu melalui dinding Lapas. Dinding Lapas itu rawan mendapatkan lemparan dari luar, karena menurut dia yang paling berdekatan dengan jalan perkampungan. (AM)

Pasokan gas melon di Bantul aman

Previous article

Pindhapata dilakukan di sepanjang Malioboro

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News