Flash Info

Halimah Yacob menjadi Presiden wanita pertama di Singapura

0

Starjogja.com, Jogja –  Halimah Yacob hari ini resmi ditetapkan sebagai Presiden Singapura yang baru. Halimah resmi mencetak sejarah sebagai wanita muslim pertama yang menjabat sebagai Presiden Singapura sepanjang sejarah.

Dikutip dari Detik.com yang melansir dari lama lokal Singapura, Chanel News Asia, Pengumuman yang disampaikan Ng Wai Choong itu disambut sorakan keras oleh ratusan pendukung Halimah yang menunggunya di gedung pusat pencalonan setempat.

Para pendukung Halimah yang berpakaian warna oranye, sama dengan pakaian yang dikenakan Halimah, berkumpul di markas People’s Association sejak Rabu (13/9) pagi waktu setempat. Halimah sendiri didampingi oleh suaminya Mohamed Abdullah dan para stafnya.

Selain mencetak sejarah sebagai wanita pertama yang menjadi Presiden Singapura, Halimah juga mencatatkan diri sebagai Presiden dari komunitas Melayu pertama dalam 47 tahun terakhir. Terakhir kali Yusof Ishak menjabat Presiden Singapura tahun 1965-1970.

Perlu diketahui, untuk tahun ini, pilpres Singapura secara khusus diperuntukkan bagi komunitas Melayu, artinya hanya anggota komunitas itu yang bisa mencalonkan diri. Sesuai Konstitusi, pilpres di Singapura bisa diperuntukkan khusus bagi salah satu komunitas jika tidak ada seorang pun dari komunitas tersebut yang menjabat Presiden dalam lima masa jabatan terakhir.

Saat ini, populasi Singapura terdiri atas 74 persen komunitas China, 13 persen komunitas Melayu, 9 persen komunitas India dan 3,2 persen komunitas lainnya.
Tanpa adanya pesaing lain bagi Halimah, maka tidak ada pemungutan suara di Singapura yang rencananya akan digelar 23 September mendatang. Dengan demikian, Halimah mencatatkan diri sebagai Presiden Singapura terpilih tanpa pemungutan suara. (Am)

Halima Aden, gadis berhijab yang jadi model top dunia

Previous article

Sleman tegakkan perda toko modern

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info