Flash InfoLifestyle

Bioskop di Saudi Sudah Bisa Dinikmati Penonton

0
Saudi men wait for a showing of the Saudi comedy film "Manahi" at a theatre in Jeddah on December 18, 2008. The chief of Saudi Arabia's powerful religious police said that some movies could possibly be allowed in the kingdom, despite a three-decade ban on cinemas, local press reported on December 21. The statement came in the wake of last week's breakthrough public showing of the comedy "Manahi" in Jeddah, which sparked hot debate in the Kingdom's religious circles but was received well among Saudi audiences. AFP PHOTO/OMAR SALEM (Photo credit should read Omar Salem/AFP/Getty Images)

STARJOGJA.COM,LIFESTYLE – Menonton film di bioskop bukan lagi hal yang tabu di Arab Saudi. Baru-baru ini film-film animasi anak-anak mulai ditayangkan di bioskop menyusul dicabutnya larangan bioskop yang bertahan selama 35 tahun.

Bioskop pertama dibuka pada awal Maret lalu. Hal tersebut merupakan bagian dari reformasi liberalisasi yang telah membuka pintu konser, pertunjukan komedi, dan pengemudi wanita selama setahun terakhir.

Untuk saat ini, otoritas mensponsori pengaturan sementara seperti aula budaya di Jeddah yang dilengkapi dengan proyektor, karpet merah, dan mesin popcorn.

“Sampai sekarang, tidak ada infrastruktur untuk bioskop sehingga kami mencoba memanfaatkan fasilitas yang sudah tersedia,” kata Mamdouh Salim, penyelenggara pemutaran film seperti dikutip dari Reuters, Senin (15/1/2018).

“Kami mencoba untuk menggunakan film ini untuk menjadi titik awal sinematik pertama setelah keputusan pada 11 Desember lalu mengizinkan bioskop,” ujarnya.

Bioskop dilarang pada awal 1980-an di bawah tekanan dari kelompok Islam karena masyarakat Saudi beralih ke bentuk agama konservatif yang sangat mempedulikan hiburan umum dan pencampuran publik antara pria dan wanita.

Namun, reformasi yang dipimpin oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman berusia 32 tahun telah mengurangi banyak pembatasan tersebut, karena pemerintah berusaha untuk memperluas ekonomi dan mengurangi ketergantungannya pada minyak.

Disdukcapil Kulonprogo Rekam Puluhan Data E-KTP di Sekolah

Previous article

Ini Wilayah Yang Terkena Pemadaman Rabu Besok

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info