Kab SlemanNews

Mahasiswa UGM Beri Pelatihan Bahasa Untuk Anak Desa Gamplong

0

STARJOGJA.COM,SLEMAN – Unit Kegiatan Mahasiswa International Language Center Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (ILC-HMP) Universitas Gadjah Mada melaksanakan program pengabdian di Desa Wisata Gamplong, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (7/4) lalu. Para mahasiswa ini melaksanakan Program Literasi Bahasa Inggris di kalangan siswa SD Muhammadiyah Gamplong.

Ketua UKM ILC HMP UGM, Muhammad Mirza Nuriady, mengatakan pengembangan Desa Wisata perlu didukung penguasaan bahasa Inggris  karena banyak wisatawan dari luar yang berkunjung ke desa tersebut. “Langkah awal yang kita tempuh  adalah menggerakkan literasi bahasa Inggris kepada anak-anak sekolah, minimal nantinya mereka bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris suatu saat kelak,” kata Mirza dalam rilisnya.

Setiap dua minggu sekali, kata Mirza, pihaknya akan menerjunkan pengajar  untuk mengajar pada siswa sekolah. Selain untuk meningkatkan kemampuan bahasa dalam pengembangan wisata, program ini juga diharapkan mampu meningkatkan minat baca bagi anak-anak. “Kita siap dorong anak-anak belajar bahasa Inggris dengan mengajak mereka membaca buku. Kita ingin mereka tidak kalah dalam kompetisi global kelak,” tambahnya.

Kepala Sekolah SD Muhamadiyah Gamplong, Eni Purwaningsih, mengapresiasi gerakan literasi bahasa Inggris yang digalakkan ILC UGM. “Kalau memang ILC juga ingin membantu anak-anak didik kami, ini akan sungguh sangat bermanfaat. Kita bisa bermitra dalam mengglobalkan bahasa Inggris kepada anak-anak didik,” kata Purwaningsih.

Purwaningsih menyebutkan pihaknya juga sedang menggerakkan literasi dengan mengunjungi perpustakaan Rumah Pintar Mentari seminggu sekali, yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak serta para pendidik.

ILC – HMP UGM, menurut Mirza, telah siap membantu masyarakat Desa Gomplang untuk belajar bahasa Inggris dengan menyediakan tenaga pengajar, baik yang berasal dari kalangan internal maupun yang berasal dari kalangan eksternal ILC.(DEN/HumasUGM)

Jumat Bersih Sleman Giatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Previous article

4 Kebiasaan ala Psikologi Positif ini Bisa Menjaga Keromantisan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman