Flash InfoLifestyle

Kendaraan Terkena Debu Vulkanik, Ini Yang Harus Dilakukan

0

Starjogja.com, Jogja – Letusan gunung Merapi yang terjadi pada Jum’at (11/5/2018) sekitar pukul 07.35 WIB, menyebabkan hujan abu di sebagian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Atap rumah dan kendaraan baik mobil maupun sepeda motor menjadi kotor disebabkan abu dari letusan merapi. Jangan menunggu kendaraan kita rusak lebih dulu saat terkena abu vulkanik. Ada beberapa cara untuk mengamankan kendaraan, baik saat sudah terkena abu vulkanik maupun untuk sekadar mencegahnya.

General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman, menyarankan hal pertama yang harus dilakukan pemilik kendaraan yakni secepatnya membersihkan kendaraan dengan cara mencucinya. Caranya yakni dengan menggunakan lap dan air. Abu vulkanik yang terbentuk dari material berupa potongan batu berukuran kecil, mineral, dan debu vulkanik berbahaya bagi mesin dan bodi kendaraan. Abu vulkanik berukuran sekitar 2mm atau sekitar 0,8 inci, atau partikelnya terasa seperti pasir dengan tekstur yang kasar dan tajam.

Dengan tekstur yang tajam, ia menyarankan pemilik kendaraan langsung mengguyurkan air ke seluruh bagian mobil dengan air. Hal itu bertujuan untuk mencegah munculnya goresan pada bagian bodi kendaraan.

Selain bagian luar, menurutnya, komponen mesin juga perlu diperhatikan. Artinya, pemilik harus menjaga kebersihan area seperti drive belt (tali kipas), idle bearing, rem, kisi-kisi radiator dan kondensor AC.

 

Ia menambahkan, bila mobil diparkir di halaman terbuka, apalagi dengan waktu yang lama. Pemilik diwajibkan untuk menyiapkan sarung penutup mobil, untuk menghindari abu tersebut.

(AM|Sumber: CNNIndonesia)

6 Hal Ini Harus Diperhatikan Agar Paru-paru Sehat

Previous article

BPBD DIY : Warga Yang Sempat Mengungsi Sudah Kembali ke Rumah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info