Flash InfoLifestyle

Ini manfaat Puasa Bagi Anak Anak

0
kesehatan kulit
Ilustrasi Puasa

STARJOGJA.COM, HEALTH – Ramadhan menjadi momentum bagi orang tua yang mempersiapkan anak belajar untuk berpuasa. Puasa bermanfaat pula untuk kesehatan anak.

dr. Maria Rulina, SpA,dokter specialis anak RS Panti Rapih Yogyakarta menyebutkan Puasa selama 10-12 jam tidak mengganggu kesehatan pada anak sehat, karena sesungguhnya makanan yang dimakan dapat mempertahankan kadar gula dalam darah dalam 4 jam.

Setelah itu tubuh mulai memecah cadangan yang ada di dalam hati dalam waktu 16 jam, sehingga akan memecah lemak dan protein untuk mempertahankan kadar gula dalam darah untuk mempertahankan metabolisme tubuh, sehingga tubuh dapat beradaptasi dengan baik Bahkan dalam banyak penelitian, puasa dapat digunakan untuk memelihara tubuh dalam kondisi fit.

Untuk kebutuhan nutrisi si kecil dianjurkan pada saat sahur mengkonsumsi makanan dengan baik sehingga dapat mempertahankan kadar gula selama puasa

” Beras merah, ubi, kacang merah, oatmeal, rotigandum, dan protein seperti protein hewani maupun nabati pas untuk mempertahankan kadar gula selama puasa ” ungkapnya.

Ia menyarankan Sebaliknya waktu berbuka puasa sebaiknya si kecil mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi untuk meningkatkan kadar gula seperti manisan buah, semangka, kurma

Manfaat puasa bagi kesehatan anak salah satunya pola dan jadwal makan jadi lebih teratur, dan dampak positif yang lain dengan berpuasa anak tidak makan berlebihan sehingga kemungkinan anak mengalami obesitas dapat dikurangi, dan jajan yang tidak sehat dapat dikurangi untuk kemungkinan munculnya penyakit diare, tipes dapat dikurangi.

” Obesitas pada anak dapat dikurangi karena dengan berpuasa ,anak tidak makan dengan berlebihan.Selain itu mereka juga terhindar dari jajanan tidak sehat ” kata dr. Maria Rulina.

Selain manfaat untuk tubuh bermanfaat juga untuk emosional anak juga akan terbantu antara lain disaat puasa anak akan berusaha menahan keinginan yang tidak terpenuhi, anak dengan berpuasa dilatihmenahan diri dari tidak makan dan minum, selain itu jangan lupa mengajarkan anak mengenai pentingnya menahan lisan dari kata-kata yang tidak baik ,menahan diri dari amarah dari hal-hal yang tidak disukai.(DEN)

SUMBER GAMBAR : baznasjabar.org

Mau Ngabuburit Beda? ke Eastparc Hotel Aja

Previous article

Sebelum Beli Properti, Kenali Dulu Ciri-Ciri Sunrise Properti

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info