Kab SlemanNews

Belum Berubah, Status Merapi Masih Waspada

0
guguran merapi
Puncak G Merapi dilihat dari lereng G Sumbing

Starjogja.com, Jogja – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta melalui media center menerangkan jika kondisi Gunung Merapi statusnya masih belum berubah, yaitu pada level II atau Waspada.

Dari hasil pantauan hari ini, Jum’at (22/6/2018), cuaca di puncak Merapi terpantau berawan, angin bertiup lemah kearah timur laut, timur, tenggara, barat daya, dan barat. Suhu udara 15,4 – 25,7 derajat celcius.

Sementara untuk aktivitas kegempaan BPPTKG mencatat terjadi guguran sebanyak 1 kali dengan amplitudo 12,5 mm berdurasi 30,9 detik.

Dengan kondisi tersebut BPPTKG merekomendasikan kegiatan pendakian untuk saat ini masih dilarang kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan mitigasi bencana. Sementara untuk radius aman BPPTKG masih menyarankan agar jarak 3 km dari puncak Merapi untuk dikosongkan.

BPPTKG juga mengimbau bagi masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana (KRB) III untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi. (AM)

Arif Mujiono

Hari Pertama Kerja, Tidak Ada ASN Bolos

Previous article

Pertamina Akan Keluarkan Gas 3 Kg Nonsubsidi, Ini Harganya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman