Flash InfoLifestyle

Pilihlah Helm Yang Sesuai Agar Tidak Membahayakan, Berikut Tipsnya

0
Ilustrasi Pengendara Memakai Helm

Starjogja.com, Jogja – Pernahkan Anda merasakan kepala jadi pusing saat mengenakan helm? Menurut seorang Instruktur Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, megatakan menggunakan helm sebaiknya jangan terlalu sempit atau terlalu longgar.

“Helm terlalu sempit konsekuensinya membuat tekanan di kepala menjadi berlebih. Akibatnya bisa pusing atau sakit kepala,” kata Andry, dikutip dari Detik.com, Kamis, (5/7/2018).

Tidak membutuhkan waktu lama, biasanya kepala akan terasa pusing pada saat menggunakan helm yang terlalu sempit atau bentuk helm tersebut tidak sesuai dengan kondisi kepala. Hal ini bisa menyebabkan saat berkendara menjadi tidak fokus, dan justru membahayakan.

Sementara jika helm terlalu longgar konsekuensinya kepala akan terguncang membentur perlahan dinding pada busa helm dan kondisi seperti ini juga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Karenanya Andry menegasskan ukuran helm harus sesuai dengan lingkar kepala. Misalnya untuk lingkar kepala 59-60 cm bisa menggunakan ukuran L (ukuran umum).

Andry menyarankan pada saat membeli helm hendaknya untuk mencoba langsung dan merasakan sekitar 4-5 menit, apakah ada rasa sakit pada kepala. Kalau terasa sakit, berarti helm tidak cocok.

Bayu

Hari ke 2 PPDB Sleman, 99% Kuota Terpenuhi

Previous article

Hama Ulat Serang Tanaman Bawang Merah, Petani Gagal Panen

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info