Kota JogjaNews

Computational Linguistics : Kajian Teknologi Yang Dekatkan Jalinan Bahasa

0
workshop nasional “ The 4th Workshop of Indonesian Association for Computational Linguistics (INACL) 2018” Di Universitas Budi Luhur Jakarta ( FOTO : Istimewa)

STARJOGJA.COM, JAKARTA – Indonesian Association for Computational Linguistics (INACL) menggelar workshop nasional “ The 4th Workshop of Indonesian Association for Computational Linguistics (INACL) 2018”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kegiatan scientific yang berkaitan dengan Computational Linguistics (CL), baik secara teoritis maupun terapan, terutama yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Fokus dari workshop ini adalah untuk mengundang para pakar, peneliti, dan akademisi dari seluruh Indonesia, agar dapat saling bertukar pemikiran ilmiah dan teknologi interdisipliner yang menunjukkan keterbukaan terhadap hasil pemikiran, dan penelitian yang original, serta bermanfaat dalam rangka transfer ilmu dan teknologi.

Workshop INACL 2018 adalah workshop yang keempat kalinya diadakan oleh INACL dan bertempat di Universitas Budi Luhur, Jakarta. Ada 12 Institusi yang mengikuti Loka karya INACL kali ini. Sembilan diantaranya adalah Pemakalah yang menyajikan beragam penelitian mutakhir mereka.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Dies Natalies ke-40 UBL. Dr.Tjàhjanto, SKom, MM, ketua pelaksana acara menyambut dengan baik atas kesempatan yang diberikan kepada Universitas Budi Luhur sebagai tuan rumah INACL Ke-4. “ Kami bangga bisa jadi bagian kegiatan dari Organisasi yang sangat peduli kepada perkembangan teknologi khususnya di bidang Komputerisasi Linguistik Ini “ kata Dr.Tjàhjanto.

Sementara itu, Direktur Pasca Sarjana UBL, DR. Suhartono, SE, MBA, mengatakan bahwa Tantangan untuk mengukur kebudiluhuran salah satunya adalah dari bahasa, tuturan, dan aplikasinya di mata kuliah Kebudiluhuran. Melalui kegiatan INACL ini bisa saja pencegahan korupsi terjadi seperti adanya kamus-kamus tentang ukuran niatan korupsi.

“ Kegiatan yang sangat baik ini sebaiknya terus dilakukan dan UBL juga bisa dilibatkan untuk menyambut dengan harapan besar ,” kata DR.Suhartono.

Computational Linguistics (CL) melibatkan pakar di berbagai bidang keilmuan antara lain pakar bahasa, ilmuwan komputer, pakar dalam Artificial Intelligence (AI), pakar matematika, pakar komunikasi sosial, pakar logika, ilmuwan kognitif, psikolog kognitif, ahli psikolinguistik, anthropologists, neuroscientists serta ilmu terkait lainnya. Bidang keilmuan CL mencakup ilmu teori maupun ilmu terapan, di mana CL secara teoritis mengacu pada isu-isu dalam linguistik teoritis dan ilmu kognitif, sedangkan linguistik terapan berfokus pada hasil praktis pemodelan dengan bahasa lisan dan tulisan.

Bidang CL merupakan salah satu bidang penelitian yang strategis terutama jika dikaitkan dengan tren interaksi antara manusia dan komputer yang saat ini terus meningkat kemampuannya, terutama dari tingkat kemudahan dan kealamiannya. Bahasa yang ditekankan dalam penelitan ini hanya berkaitan dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah di Indonesia. (DEN)

Sukseskan TMMD 102, Babinsa Sosialisasikan Bahaya Narkoba Dan Sex Bebas

Previous article

PT.KAI Daops VI Sukses Selenggarakan Angkutan Lebaran 2018

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja