Kota Jogja

Luas Lahan Pertanian Kota Jogja Masih Sama Dengan 4 Tahun Lalu

0
Lahan pertanian kena tol Solo-Jogja
TNI dan pemerintahan sedang panen raya di Rejowinangun Kota Jogja

STARJOGJA.COM, Jogja – Luas lahan pertanian di Kota Jogja sampai saat ini tercatat 53 hektar. Kepala Dinas Pertanian Kota Jogja Sugeng Darmanto mengatakan jika luasan lahan pertanian daerahnya tidak berkurang di tahun ini.

Luas lahan pertanian di Kota Jogja saat ini 53 hektar, luas itu masih sama dengan kondisi 4 tahun yang lalu,” katanya, dalam acara Panen Raya di Pilahan, Rejowinangun, Selasa (14/8/2018).

Luas lahan pertanian masih bertahan seperti tahun lalu seperti di wilayah Kotagede seluas 5,4 hektar, Rejowinangun seluas 4,5 hektar dan Pilahan seluas 1.700 m². Hal ini karena dengan adanya Peraturan Wali Kota yang mengatur alih fungsi lahan pertanian.

Baca Juga : Pemkot Jogja Keluarkan Perda Lindungi Lahan Pertanian

“Dengan adanya perwal yang mengatur alih fungsi lahan, maka luasan lahan pertanian di Kota Jogja masih bisa dikendalikan, alih fungsi lahan hanya bisa dilakukan jika di wilayah tersebut sudah tidak ada saluran irigasi teknis,” tambahnya.

Sugeng berharap dari hasil pertanian seluas 53 ha di wilayah kota bisa membantu menjaga ketahanan pangan di Kota Jogja. Seperti halnya di kampung Pilahan yang merupakan kampung wisata agro yang ada di Kota Jogja. Aktifitas bertani di kampung ini masih dilakukan dengan usia para petani antara 50 tahun sampai 70-an tahun.

“Masyarakat di tempat kami saat ini yang masih menggelola pertanian usianya paling muda sekitar 50 sampai 70 tahun, kami juga melakukan pengenalan bertani kepada anak-anak yang masih di TK dan SD, ” kata Zuhri siswoyo (72), sesepuh warga Pilahan, Rejowinangun.

Bayu

Ayo Nikmati Menu Orienteal “ Business Lunch “ di The Alana Yogyakarta

Previous article

Ruang Merokok Ini Dijamin Bikin Kapok

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja