NewsPendidikan

Bimasakti Racing Team UGM siap berlaga di Jepang

0
Bimasakti UGM Siap Berlaga di Jepang
Bimasakti UGM Siap Berlaga di Jepang ( FOTO : Humas UGM)

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Bimasakti Racing Team UGM siap berlaga di Jepang dalam Formula Student SAE, 4-8 September 2018 mendatang.

Seluruh persiapan baik dari segi teknis maupun non-teknis sudah dilaksanakan sejak  tahun 2017 dan akhirnya mobil selesai dimanufaktur dan di-assembly sejak akhir Mei 2018.

“Setelah seluruh proses desain dan manufaktur mobil selesai. Kami fokus melakukan testdrive secara rutin untuk pengembangan racer serta mobil itu sendiri. Dalam persiapan ini, simulasi lomba sangatlah penting dilakukan untuk melihat kemampuan mobil serta kesiapan tim dalam menghadapi tantangan yang ada,”ujar Kapten Tim Bimasakti, Fajar Fitrahadi Danda, di sela-sela launching tim Bimasakti yang akan berangkat ke Jepang, Jumat (24/8) di halaman Balairung UGM.

Menurut Fajar prestasi Bimasakti pada tiga tahun terakhir ini terus menunjukkan peningkatan. Pada Student Formula Japan 2016, Bimasakti berhasil meraih Highest Rank from Southeast Asia yaitu peringkat 26 serta 3rd Place ICV (Internal Combustion) Efficiency Category. Sedangkan pada tahun 2017, Bimasakti berhasil menjadi 2nd Best Design in Southeast Asia serta Top 5 Business Presentation.

“Saat ini, Bimasakti sudah memasuki generasi ke-7. Pada generasi kali ini, kami membuat mobil yang lebih ringan, lincah dan aerodinamis, serta menerapkan nilai ergonomika pada kokpit agar pengendalian mobil lebih mudah,”imbuhnya.

Senada dengan itu, dosen pembimbing Bimasakti, Fauzun, Ph.D., menuturkan pada kompetisi ini Bimasakti akan berkompetisi dengan tim dari beberapa negara, seperti Jepang, Korea, Australia, Malaysia, dll. Jumlah tim yang akan berangkat ke Jepang berjumlah 22 orang, terdiri dari 20 orang mahasiswa dan 2 dosen pembimbing.

“Peningkatan prestasi Bimasakti tiga tahun terakhir ini menunjukkan sistem pendidikan kita tidak kalah dengan luar negeri,”kata Fauzun.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni, Dr. Paripurna, mengakui seluruh perjalanan Bimasakti tentunya tidak akan bisa terlaksana dengan baik tanpa adanya dukungan serta kolaborasi dengan pihak-pihak terkait, baik dari berbagai elemen Universitas Gadjah Mada, dan sponsor.

“Bimasakti ini lambang inovasi yang digagas mahasiswa bersama dosen. Tentu saja peran sangat berperan di sini,”kata Paripurna.

Formula Student SAE sendiri adalah kompetisi rancang bangun tingkat mahasiswa yang diselenggarakan oleh SAE (Society of Automotive Engineers). Kompetisi ini sudah diadakan di berbagai negara di belahan dunia. Konsep utama dari perlombaan ini adalah mengajak mahasiswa untuk mendesain, membangun dan mengembangkan mobil tipe Formula dalam skala kecil. Penilaian dalam event ini mencakup segala aspek baik statik maupun dinamik. Kompetisi yang diikuti oleh Bimasakti FSAE Team adalah Formula Student SAE Japan

Kemendagri Raih Rekor Dunia Pertandingan Catur 

Previous article

Gerakan Literasi Sekolah Bentuk Karakter Posifif Siswa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News