Lifestyle

Batik Indigo Yogyakarta Curi Perhatian di Sri Lanka

0
batik indigo
Duta Besar Indonesia untuk Sri Lanka dan Maladewa, I Gusti Ngurah Ardiyasa (foto : KBRI Colombo)

STARJOGJA.COM, Sri Lanka – Batik Indigo tampil mengesankan bagi warga Sri Lanka dalam Worskhop dan Fashion Show yang diselenggarakan KBRI Colombo dalam rangka peringatan HUT RI ke-73 di Colombo 5 September 2018.

Duta Besar Indonesia untuk Sri Lanka dan Maladewa, I Gusti Ngurah Ardiyasa menyampaikan Galeri Batik Jawa telah mempromosikan Batik Indigo ke berbagai negara. Bahkan baru saja telah menerima Penghargaan Produk Baru Terbaik, Artisan Resource Summer 2018 di Pameran Internasional New York.

KBRI Colombo mengudang Galeri Batik Jawa dari Yogyakarta bertujuan untuk mempromosikan budaya Batik Indonesia ke Sri Lanka.

Gebyar Batik Sleman 2018 Edukasi Batik Sesungguhnya

Koleksi Batik Indigo yang ditampilkan memiliki keunggulan, karena konsep pengerjaannya menggunakan pewarna alami dari Indigofera tinctoria, sehingga memiliki nilai ramah lingkungan.

Selain itu proses pengerjaan batik yang melibatkan kaum perempuan Yogyakarta membuka lapangan pekerjaan dan mendukung pemberdayaan perempuan di kawasan tersebut.

Kegiatan promosi batik dilakukan dalam bentuk pelaksanaan workshop dan pagelaran busana. Pada saat workshop batik, para peserta diberikan kesempatan untuk mempraktekan teknik dasar membatik, yakni dengan mengaplikasikan lilin ke kain pola batik yang sudah disediakan.

Batik Indigo pukau warga Sri Lanka

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Fashion Show 4 September 2018 Sangri-La Hotel Colombo, yang dihadiri oleh perwakilan pemerintah Sri Lanka, kalangan industri fashion dan tekstil Sri Lanka, Duta Besar dan Diplomat asing, mitra kerja KBRI, pengusaha setempat, Biro perjalanan, serta perwakilan kelompok masyarakat Indonesia di Sri Lanka.

Kegiatan juga dirangkaikan dengan persembahan tari kreasi dan tradisi Indonesia oleh masyarakat Indonesia di Sri Lanka berkolaborasi dengan Kelompok tari Sri Lanka, yang menampilkan tarian  Lenggasor dari Purbalingga dan Tarian Lenggang Nyai khas Betawi.

Para pengunjung mengagumi keindahan Batik yang diperagakan dan dipamerkan, terutama setelah mendapatkan pemaparan mengenai proses pengerjaan batik. Terutama mengerjakannya yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan, dari mulai proses pembuatan pola, aplikasi lilin, hingga pewarnaan menggunakan bahan pewarna alami.

Bayu

Waduh, 5 Restoran di Sleman Gunakan Gas Melon

Previous article

Pasar Lelang Cabai Sudah Ada di Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle