Goa Jepang dan Cerita 24 Goa yang Saling Terhubung

0
festival tiga panggung
Goa Jepang ini terletak di kawasan Nirmolo, Kaliurang lereng gunung Merapi (foto : Afina H)

STARJOGJA.COM, Sleman – Goa Jepang salah satu wisata yang tidak bisa dilewati jika berwisata ke Yogyakarta. Seperti namanya Goa jepang merupakan peninggalan zaman penjajahan Jepang sebagai tempat berlindung tentara Jepang saat terdesak.

“Jadi goa ini untuk pertahanan jepang saja sebenernya, jadi pas jepang terdesak ini menjadi pertahanan terakhir mereka,” ujar Kirun pemandu kawasan wisata alam kaliurang. Senin (29/10/2018).

Goa ini terletak di kawasan Nirmolo, Kaliurang lereng gunung Merapi. Goa ini memiliki 24 goa yang saling terhubung dengan masing-masing panjang goa rata-rata 3 meter. Untuk menuju ke goa  ini anda dapat berjalan sekitar 1 kilometer dari gerbang depan taman wisata Kaliurang.

Baca Juga : Sultan HB X Tidak Bisa Lihat Merapi, Wabup Sleman Dipanggil

“Dari sini jalan keatas kira-kira 1 kilometer, tapi karena menanjak jadi berasa 2 kilometer,” ujarnya.

Saat ini goa Jepang ditutup sementara karena status wapada Merapi. Pihak wisata khawatir jika goa Jepang masih dibuka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Untuk saat ini ditutup dulu, soalnya Merapi lagi gak aman, kan status waspada. Kemarin waktu merapi batuk itu awannya nutup matahari jadi gelap takutnya gak keliatan apa-apa,” ujarnya.

Namun selagi goa ini ditutup, wisatawan juga bisa menikmati kawasan wisata alam sekitar. Tempatnya yang indah menjadi poin tersendiri namun, jangan membawa tentengan apapun karena disini banyak monyet liar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here