Kab Sleman

Latihan Pasrah Diri Kontrol Insulin Penderita Diabetes

0
latihan pasrah diri
Agus Siswanto dalam ujian terbuka promosi doktor di FKKMK UGM (FOTO ; Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Sleman – Latihan pasrah diri menjadi salah satu terapi yang digunakan  mengontrol tingkat resistensi insulin penderita diabetes. Penelitian ini dilakukan oleh dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM Agus Siswanto dengan meneliti 44 pasien diabetes selama 8 minggu.

Para pasien yang rerata berusia diatas 30 tahun ini melakukan metode latihan pasrah diri dan selanjutnya diikuti dengan pengukuran tingkat resistensi insulin, tingkat skala stress, gula darah puasa, HbA1c, dan gula darah 2 jam post prandial.

Seperti diketahui latihan pasrah diri merupakan salah satu teknik manajemen stres non farmakologi lokal yang telah lama diajarkan di lingkungan UGM. Dalam penelitian ini latihan pasrah diri dilakukan dua kali sehari selama 20-30 menit selama 8 minggu.

Baca Juga : Bekam, Cara Menyembuhkan Penyakit dengan Bersihkan Darah

“Selama penelitian berlangsung, pasien mendapat terapi standar seperti edukasi, diet diabetes, obat anti hiperglikemik oral atau insulin,” kata Agus Siswanto dalam ujian terbuka promosi doktor di FKKMK UGM, Senin (29/10/2018)

Agus menyampaikan hasil penelitianya menunjukkan bahwa terapi ini mampu menurunkan tingkat resistensi insulin yang diukur dari HOMA-IR.

“Terapi ini mampu menurunkan stress pada pasien diabetes tanpa depresi,”katanya.

Metode terapi yang telah dikembangkan divisi psikosomatik Departemen Penyakit Dalam FKKMK UGM ini, potensial dalam perbaikan parameter fisik dengan adanya perbaikan kontrol glikemik.

Meski baru sebatas penelitian awal namun penelitian ini menurutnya bisa digunakan sebagai acuan untuk penelitian lebih lanjut, mengenai peran latihan pasrah diri dalam menurunkan risiko kardiovaskular dan kematian pada penderita diabetes.

Membunyikan Klakson dan Etika Berkendara

Previous article

Goa Jepang dan Cerita 24 Goa yang Saling Terhubung

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman