Kota JogjaNews

Pertamina Siap Amankan Pasokan BBM dan LPG

0
Pertamina Siap Amankan Pasokan BBM dan LPG
Pertamina Siap Amankan Pasokan BBM dan LPG ( FOTO : Nawa)

STARJOGJA.COM. JOGJA – Memasuki akhir tahun libur panjang Natal dan Tahun Baru, Pertamina membentuk satgas, guna memantau pasokan BBM di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Pertamina Siap Amankan Pasokan BBM dan LPG.

“Pertamina akan membuka posko Satgas baik di Jawa tengah maupun di daerah DIY mulai dari 18 Desember 2018 sampai dengan 8 Januari 2019. Dari Pertamina sendiri mulai sekarang sudah mengatur agar stok selalu ada,” ujar Dody Prasetya, Marketing Branch Manager DIY & Surakarta, kepada media. Rabu (19/12/2018).

Pertamina juga meminta bantuan dari agen maupun SPBU agar dilakukan Build up stok di SPBU maupun di agen-agen yang ada di wilayah DIY. Ia menjelaskan Build up ini seperti mengisi secara maksimal kapasitas yang ada di tangki SPBU berbeda dengan hari biasanya.

“Hal ini di lakukan agar ketika terjadi lonjakan pembelian BBM yang lumayan signifikan, SPBU tidak akan keteteran. Lonjakan ini diperkirakan pada gasoline sekitar 12% yang biasanya 1.832 menjadi 2.500 an dan ini stok nya cukup di wilayah DIY dan sebagian Boyolali,” tuturnya.

Baca juga : Kebutuhan Uang Libur Akhir Tahun di DIY Rp 2,3 Triliun

Untuk LPG lonjakan diperkirakan sekitar 8 % baik yang subsidi maupun yang non subsidi. Terkait Avtur, lonjakan naik sekitar 7%. Sementara Untuk Gasoil, terjadi penurunan 4%, dikarenakan ada beberapa batasan untuk angkutan barang.

“Terkait pelayanan, khusus di wilayah Jateng dan juga DIY, memang beberapa bagian dapat jatah untuk mengamankan ketersediaan BBM di jalur tol Trans Jawa. Mulai dari ujung perbatasan Jabar sama Jateng, sampai Karangajarsragen sampai ke Jatim,” ujarmya.

Ia menyebut Pertamina sendiri untuk di jalur tol, menyiapkan 12 kios dilengkapi dengan Mobile Dispenser, lalu ada beberapa tenda juga didirikan untuk menjual BBM kemasan. Untuk di wilayah Yogya dan Jawa Tengah ada sekitar 32 kantong SPBU (ketika stok SPBU habis, sudah ada mobil tanki yang standby di SPBU) disiapkan.

Dukcapil Sleman Musnahkan 17.789 E KTP Rusak

Previous article

Basarnas Jogja Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja