Wisata

Festival Kopi Menoreh Tarik Wisatawan Ke Kulon Progo

0
kopi Jawa Timur
Biji kopi luwak yang sudah kering, bersih (Foto : Satria A)

STARJOGJA.COM, Kulon Progo – Libur natal dan tahun baru 2018 Kabupaten Kulon Progo berusaha menarik minat wisatawan agar datang ke Kulon Progo. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Niken Probo Laras mengatakan untuk menarik minat wisatawan ia menggelar Festival Kopi Menoreh di penghujung tahun 2018.

“Kita siapkan di puncak Suroloyo disana sangat indah di siang hari bisa melihat Borobudur dari atas. Secara ceritanya tempat para dewa ada semar dan punokawannya. Kita kemas dalam kopi,” katanya kepada Starjogja 101,3 FM Jumat (28/12/2018).

Niken mengatakan jika tahun sebelumnya Pemkab menggelar aara akhir tahun di pinggir pantai, tahun ini di puncak bukit Menoreh. Bukit Menoreh terkenal dengan kopi dan tehnya.

Baca Juga : Rifki Ali Hamidi Pengantar Mimpi Orang Kulon Progo

“Produk unggulannya adalah kopi walaupun ada teh juga. Ada pasar teh disana ada 350 cup gratis siang harinya. Malamnya 350 cup. Sorenya ada diskusi kopi diikuti komunitas kopi Kulon Progo,” katanya.

Suroloyo yang identik dengan cerita rakyat ini akan kaya dengan sajian budaya mulai dari musik, gojekan Punakawan dan tarian dewa-dewa. Selain Suroloyo di akhir tahun ini beberapa wilayah juga menggelar acara sendiri.

“Itu mandiri ada di Kalibawang, di Girimulyo juga da di pantai kalo di Trisik pantai Trisik identik dengan tukik. Jadi acara dibedakan lokasinya, kita berusaha setiap wisata ada brandingnya disitu,” katanya.

Terkait dengan kondisi alam ia pun berkoordinasi dengan BPBD, tim SAR, pengelola wisata setempat dan menancap spanduk jangan mandi di laut. Ia berharap semuanya tetap waspada dan wisatawan tetap aman.

“Kita bisa menghadirkan wisman harapannya bisa live in syukur lama di homestay,” katanya.

Niken mengatakan Pemkab Kulon Progo menargetkan selama natal dan tahun baru ini ada 50 ribu pengunjung. Ia berharap agar taerget tresebut dengan acara Festival Kopi Menoreh tersebut.

“Tinggal 2 % ya semoga lebih bisa terlampaui. Kita itu setiap tahun ada 52 event termasuk januari mendatang tingkatanya International tidak hanya nasional,” katanya.

Penutupan Jalan Malioboro Akan Dimulai 15.00 WIB

Previous article

Ini 4 Berita Ekonomi Bisnis Terhangat di 2018

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Wisata