11 Makanan Enak Ini Bantu Turunkan Berat Badan

0
9

STARJOGJA.COM, HEALTH – Jika kita menginginkan tubuh yang ideal sekaligus sehat, kita perlu mengonsumsi makanan yang efektif untuk mendukung penurunan berat badan.

Berikut ini berbagai makanan enak yang efektif untuk menurunkan berat badan, sekaligus juga sehat.

1.       Telur

Telur mengandung lemak sehat yang dapat membantu diet tetap sehat dan mendukung penurunan berat badan.

2.       Avokad

Tidak hanya enak, avokad juga mengandung lemak nabati yang bermanfaat. Untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan, avokad dapat dijadikan salah satu menu diet sehat. Avokad mengandung oleic acid yang juga dimiliki oleh olive oil. Selain itu, avokad juga mengandung kekayaan serat dan air.

3.       Ikan

Ikan yang mengandung lemak sehat dapat menolong kita untuk lebih cepat kenyang, sehingga makan tidak berlebihan. Kandungannya juga tidak terlalu tinggi kalori. Pilih ikan-ikan yang kaya nutrisi, seperti tuna, sarden, salmon, dan lain-lain.

4.       Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung kalori yang rendah, tetapi kaya serat. Saat mengonsumsi sayur, Anda bisa merasa lebih cepat kenyang. Sayur juga dapat menjadi pengganti karbohidrat selain dari nasi.

5.       Daging tanpa lemak

Walau sedang diet, Anda tidak harus memusuhi daging. Anda dapat mengonsumsi daging tanpa lemak yang mengandung protein tinggi.

6.       Selai kacang

Sumber protein yang tinggi terdapat pada kacang. Anda dapat mengonsumsi selai kacang sebagai bahan untuk camilan dipadukan dengan buah-buahan. Selai kacang umumnya mengandung asam amino yang bermanfaat bagi tubuh.

7.       Labu

Tanaman ini kaya akan serat, antioksidan, dan kalium. Mengonsumsi labu secara teratur dapat menurunkan risiko obesitas.

8.       Kentang

Kentang goreng tentu tidak sehat, tetapi kentang yang direbus atau dipanggang justru memberikan manfaat. Kentang mengandung potasium yang dapat mencegah kembung. Kentang juga bisa bikin kenyang lebih lama.

9.       Biji-bijian

Makan biji-bijian dalam diet? Kedengarannya aneh. Tetapi, lemak dan mineral dalam biji-bijian direkomendasikan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan seng dalam biji-bijian juga menolong Anda untuk merasa kenyang lebih lama.

10.   Makanan fermentasi

Makanan fermentasi seperti kimchi, yogurt, tempe, miso, dan lain-lain kaya akan probiotik yang membantu proses pencernaan tetap terjaga. Dengan pencernaan yang sehat, perut akan terjaga kelangsingannya.

11.   Beri-berian

Buah yang mengandung banyak gula sebetulnya tidak begitu direkomendasikan untuk menurunkan berat badan. Jadi, selama diet Anda dapat mengonsumsi beri-berian yang tidak mengandung banyak gula.

Sumber : Lifehack.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here