FeatureKota Jogja

Kebakaran di Jogja, Lapor Cepat Dinas Pemadam Kebakaran

0
9 hydrant kampung
Pos Pemadam Kebakaran

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Lapor cepat menjadi kekuatan Pemadam Kebakaran Kota Jogja memadamkan api. Rumah dan bangunan yang ludes karena jagoan merah ini karena kurangnya masyarakat menggunakan layanan Lapor cepat Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja.

“Tanggung jawab tidak hanya pemadam kebakaran tapi kita bersama dan masyarakat dan pemilik usaha biasanya yang saya rasakan ini lapor cepat upaya untuk bisa penanganan awal dengan lapor cepat yang saya anggap masih kurang,” kata PLT Kepala Dinas Kebakaran Kota Jogja Isharyanto kepada Starjogja 101,3 FM Rabu (9/1/2019).

Menurut Isharyanto layanan itu sudah disosialisasikan ke berbagai media kepada masyarakat. Namun sepertinya belum tertangkap dengan baik informasinya oleh masyarakat.

Baca Juga : Pemkot Jogja Punya 6 Hidran Kering di Kampung Padat

“Padahal kita sudah sosialisasi, beri penerangan dengan berbagai media tapi masih kurang. Kalo upaya pemadaman awal sudah bagus karena kita sudah kasih cara ke masyarakat,” katanya.

Kurangnya respon lapor cepat ini akan mempengaruhi upaya pemadaman kebakaran yang dilakukan timnya. Sebab, timnya memiliki batas waktu sendiri dalam menanggulangi kebakaran di Kota Jogja.

“Respon time itu 15 menit dari mako kami bahkan kurang 14 menit. Tapi karena kejadian awal kebakaran dari upaya pemadaman masyarakat belum bisa diiringi lapor cepat. Misal kejadian jam 10 lapornya lebih dari 15 menit makanya kita geraknya dari 15 menit setelah kejadian itu,” katanya.

Masyarakat yang melihat kebakaran di Kota Jogja segera melapor ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja. Pelapor akan mendapatkan respon cepat dari timnya.

“Sangat mudah kita jelaskan ke masyarakat sosialisasi telepon saja (0274) 587101 dengan menyebutkan nama nomor telepon, lokasi kejadian lalu petugas kami akan mengecek. Tunggu sebentar kami akan hubungi lagi,” katanya.

Upaya awal pemadaman kebakaran yang terjadi di Kota Jogja dapat dilaksanakan dengan cepat kerena memiliki dua lokasi markas pemadam kebakaran. Sehingga saat terjadi kebakaran akan dapat diantisapasi dengan cepat dibawah 15 menit.

“Punya dua posko posko induk di Balaikota satu lagi di Kyai Mojo.
kami mengharapkan andaikan terjadi kebakaran pertama jangan segan tlp kami 0274 587101. Kami harapkan tidak menunggu lama kalo dalam waktu dua menit upaya masyarakat tidak memadamkan lagsung telpon saja kami akan merapat dan melakukan penanggualangan,” katanya.

Ia mengetahui kondisi perkotaan Jogja semakin padat. Namun respon cepat upaya penanganan awal kebakaran saat ini masih bisa dilalui.

“Jogja walaupun semakin padat tapi alhamdulillah kita masih bisa kondisikan ke titik lokasi dengan respon time dibawah 15 menit,” katanya.

Nomor telepon pemadam kebakaran ini memang gampang diketahui. Sayangnya masih banyak yang menggunakan nomor telepon darurat ini untuk iseng saja.

“Karena ada yang lapor tapi cuma iseng. Ketika telpon jangan dimatikan. karena kita akan telpon balik. begitu kami dapat laporan baik serius atau ga kita akan proses semua,” katanya.

Bayu

Pemkot Jogja Punya 6 Hidran Kering di Kampung Padat

Previous article

Perpustakaan Kota Jogja Buka Sampai Dini hari

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature