Flash Info

Inilah Rangking Negara dengan Paspor Paling Bersahabat

0
kantor imigrasi yogyakarta

STARJOGJA.COM, Yogyakarta — Ternyata, negara dengan paspor paling “bersahabat” di dunia tahun 2019 adalah Jepang. Data tersebut didapatkan dari Henley Passport Index, yang secara berkala menetukan seberapa memudahkan paspor tersebut bagi pemegangnya untuk menjelajahi negara-negara lain di dunia.

Inilah kali kedua dimana negara Asia menduduki posisi teratas indeks paspor paling “bersahabat”. Korea Selatan ketat mengikuti dibelakangnya bersama dengan Singapura pada indeks di bulan Oktober 2018.

Banyak hal yang menentukan apakah paspor suatu negara layak berada dalam posisi terbaik, namun yang jelas, adanya perjanjian visa-on-arrival memberikan kontribusi berarti.

Baca Juga : Bikin Paspor Tak Harus Antri Lama

Dikutip dari CNN, Parag Khanna, pendiri sekaligus pengelola FutureMap di Singapore mengatakan bahwa negara-negara di Asia yang menduduki peringkat atas tersebut, secara tidak langsung menunjukkan bahwa, dalam hal ini pemerintahnya, mampu menyediakan kenyamanan bagi warga negaranya.

Bukan hanya negara-negara di Asia yang berhasil menempati posisi memuaskan dalam indeks, namun hal serupa juga dicapai oleh Norwegia, Amerika Serikat dan negara-negara di benua Eropa, meskipun Amerika Serikat dan Inggris secara perlahan posisinya terus merosot.

Direktur Henley & Partners’ Group, Christian Kalin, penggagas Passport Index mengatakan bahwa rangking tersebut merupakan angin segar ditengah keterpurukan ekonomi di beberapa belahan dunia.

“Secara umum, kebijakan “buka pintu” memberikan kontribusi yang cukup baik dalam perbaikan ekonomi, dan menciptakan peluang lapangan pekerjaan”

“Peningkatan posisi pada indeks yang dicapai oleh Korea Selatan dan Uni Emirat, misalnya, merupakkan salah satu contoh nyata bahwa sesungguhnya pendekatan bilateral kepada negara lain memberikan keuntungan yang signifikan terhadap warga mereka.”

Jadi, negara mana saja yang pasportnya “bersahabat”?

Inilah datanya :

1. Jepang

2. Singapura dan Korea Selatan

3. Perancis dan Jerman

4. Denmark, Finlandia, Italia dan Swedia

5. Luxembourg dan Spanyol

Sementara peringkat negara dengan passport yang kurang mendukung kemudahan layanan adalah :

1. Afghanistan dan Irak

2. Somalia dan Siria

3. Pakistan

4. Yaman

5. Eritrea

Bayu

Iguana Galapagos Kembali Menghuni Setelah 200 tahun

Previous article

Cangkang Kepiting dan Udang Bisa Jadi Anti Hama

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info