Teknologi Terkini, Identifikasi Kelainan Genetik Lewat Foto

0
9
identifikasi kelainan genetik lewat foto
Blue Swimsuit self portrait

STARJOGJA.COM, Teknologi – Kabar menggembirakan datang bagi dunia kesehatan. Sebuah teknologi kecerdasan buatan terbaru, mampu mengidentifikasi secara akurat beberapa kelainan genetik langka, hanya melalui foto pengidapnya. Teknologi in memungkinkan identifikasi kelainan genetik lewat foto.

Nature Medicine, sebuah jurnal kesehatan dikutip dari CNN, menyatakan bahwa teknologi bernama DeepGestalt ini, diyakini mampu menggantikan peran tenaga medis untuk mengidentifikasi suatu cacat bawaan. Tentunya hal ini merupakan terobosan dalam dunia kesehatan. Identifikasi kelainan genetik lewat foto ini akan memudahkan calon pasien.

Dalam artikel yang sama, didapatkan data bahwa 8% populasi manusia memiliki kelainan genetik yang mengakibatkan adanya pola tertentu pada struktur wajah. Teknologi baru ini dapat mengidentifikasinya.

Baca Juga : 5 Minuman Teraneh yang Diburu Orang, Berani Coba?

Sebagai contoh, sindrom Angelman, kelainan yang mempengaruhi sistem syaraf. Sindrom ini mengakibatkan pengidapnya memiliki karakteristik mulut lebar dengan gigi geligi yang juga berjarak lebar, strabismus atau juling dan lidah terjulur.

Yaron Gurovich, Chief Technology Officer FDNA, sebuah lembaga kesehatan yang menginisiasi penelitian menggunakan teknologi kecerdasan buatan mengatakan “Teknologi baru ini menunjukkan bahwa untuk mendeteksi suatu kelainan dapat dilakukan dengan penerapan algoritma terhadap hal-hal tertentu, meski dibatasi oleh minimnya data”

Melalui teknologi tersebut, Gurovich optimistis bahwa peluang bagi penelitian di masa depan yang hasilnya akan dapat diterapkan dan diaplikasikan untuk mengidentifikasi sindrom genetik lainnya, muncul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here