Wisata

Aktivitas Menyenangkan di Sekitar Candi Borobudur

0
Destinasi Pariwisata Jawa Tengah
Wisatawan mancanegara mengunjungi Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/6). Pemerintah akan menambah 30 negara baru dalam daftar negara bebas visa pada 2016 guna mendukung pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/ss/kye/15.

STARJOGJA.COM, Yogyakakarta – Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata wajib yang harus dikunjungi jika Anda berlibur ke sekitar Yogyakarta. Candi peninggalan dinasti Syailendra ini tidak hanya menawarkan kemegahan dan keindahan saja, namun juga banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di sekitar area Candi Borobudur. Untuk mencari akomodasi, anda bisa mencarinya melalui aplikasi Traveloka yang siap memudahkan perjalanan Anda.

1. Sunrise yang Indah

Berwisata ke Candi Borobudur tidak akan lengkap tanpa menikmati momen terbit dan tenggelamnya matahari. Setelah atau sebelum menjelajah bangunan candi, anda bisa menikmati keindahan alam di daerah sekitarnya. Pesona alam di sekitar kompleks candi bisa menjadi pilihan anda menikmati kedua momentum alam ini.

Untuk menikmati matahari terbit, ada beberapa pilihan lokasi yang layak anda coba. Selain naik ke candi dengan tarif khusus, anda juga bisa mencoba menjelajah lokasi di luar candi seperti Bukit Rhema yang terkenal dengan bangunan gereja ayamnya, atau mencoba menyisi tangga Punthuk Setumbu. Kedua lokasi ini dikenal sebagai lokasi melihat matahari terbit paling indah. Dari kedua lokasi ini, anda bisa menyaksikan kemegahan candi Borobudur bermandikan mentari pagi. Mentari yang keluar perlahan di sekitar gunung Merapi dan Merbabu menjadi buruan foto yang menarik.

Jika anda ingin menikmati pesona matahari terbit, banyak hotel yang bisa anda temukan di aplikasi Traveloka menyediakan jasa tour untuk menikmati sunrise.

2. Candi Pawon dan Mendut

Berkunjung ke Borobudur tidak lengkap bila anda tidak sampai ke 2 candi ikonik lainnya. Candi Pawon dan Candi Mendut tidak sebesar candi Borobudur. Kedua Candi ini merupakan destinasi wajib saat ritual hari raya Waisak. Anda bisa menikmati nuansa dan keunikan yang berbeda pada kedua candi ini.

Jika anda melihat peta lokasi, kedua candi ini berada satu garis lurus dengan candi Borobudur. Keberadaannya dipercaya memiliki kaitan secara sejarah dan spiritual dengan Borobudur dan ajaran Budha.

Di candi Pawon dan candi Mendut, anda bisa belajar sejarah melalui relief-relief yang unik dan berbeda dari yang ada di Borobudur. Selain itu kedua candi ini juga relatif sepi pengunjung. Jika anda ingin jalan-jalan santai sambil menikmati suasana, lokasi kedua candi ini tidaklah jauh dari Candi Borobudur.

3. Membumi Berkeliling Desa Wisata

Desa-desa di sekitar Candi Borobudur saat ini telah ditata menjadi desa wisata yang layak anda kunjungi. Tidak hanya berkeliling, anda juga bisa turun dan menikmati berbagai fasilitas wisata edukatif ala desa yang menarik. Mulai dari kuliner, kerajinan, hingga seni menjadi menu yang layak anda coba.

Alternatif transportasi untuk berkeliling desa pun beragam. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan tour yang tersedia di Candi Borobudur sendiri seperti sepeda yang disewakan, andong atau kereta kuda, hingga gajah safari.

4. Arung Jeram Sungai Elo

Sungai Elo yang membelah berbagai daerah di sekitar Candi Borobudur menawarkan wisata adrenalin yang wajib anda rasakan. Arung jeram di sungai Elo bisa menjadi alternatif tempat wisata di sekitar candi Borobudur. Menikmati keindahan alam, sambil berpacu pada jeram-jeram sungai menjadi tantangan yang menarik.

Selain bersenang-senang, aktivitas ini juga bisa melatih kebugaran dan kekompakan anda dan teman-teman anda. Merasakan derasnya arus sungai dan jeram-jeram kecil khas sungai Elo menjadi hal yang tidak akan anda lupakan.

Banyak tempat di sekitar candi menawarkan jasa untuk aktivitas arung jeram ini. Harga rata-rata yang ditawarkan untuk 1 perahu berisi 6 orang adalah Rp 750.000 sudah termasuk alat dan pemandu.

5. Bersantai di Balkondes

Balai Ekonomi Desa atau BALKONDES yang dikelola oleh BUMN juga bisa menjadi lokasi bersantai yang tepat. Di sekitar Candi Borobudur sendiri telah dibangun 20 BALKONDES di setiap dusun yang memiliki daya tarik dan keunikannya sendiri. Kuliner lokal khas masakan pedesaan, berbagai hasil kerajinan, dan penataan lokasi yang indah membuat anda betah berlama-lama di sini. Jangan lewatkan pula mencoba kopi-kopi lokal dari pegunungan Menoreh yang diseduh secara manual.

Selain itu Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan penduduk sekitar untuk bertukar ilmu terkait sejarah, kerajinan, hingga berbagai hal lainnya. BALKONDES menawarkan lokasi yang nyaman untuk anda dan rombongan menikmati waktu bersantai setelah berjalan-jalan di area Candi Borobudur.

Untuk mempermudah akomodasi liburan anda di Borobudur, anda bisa mengunjungi situs Traveloka untuk kemudahan transportasi dan tempat menginap anda.

Stunting Bisa Dicegah di 1.000 Hari Pertama Kehidupan

Previous article

Caleg Eks Koruptor Paling Banyak dari Jokowi atau Prabowo

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Wisata