FeatureKota Jogja

Labi-labi Bintang Langka Ditemukan di Yogya

0
padat penduduk

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Seekor bulus atau labi-labi Bintang langka berukuran besar ditemukan warga di Sungai Sempor, Dusun Manyaran, Kelurahan Triharjo, Kabupaten Sleman. Labi-labi Bintang langka dengan panjang 90 cm dan lebar 60 cm ini diperkirakan berusia 50 tahun.

Dosen Fakultas Biologi UGM Donan mengatakan Labi-labi Bintang langka ini termasuk jarang ditemukan di Jogja.

“Iya betul karena bulus ini jarang sekali ditemukan terutama di Jawa dan Jogja belum ada rekaman data ditemukan di Jogja. Labi labi bintang belum pernah ditemukan di Jogja,” katanya kepada Starjogja 101,3 FM Jumat (8/2/2019).

Baca Juga : 2017, Kulonprogo Nihil Jual Beli Satwa Langka

Menurut Donan bulus atau Labi-labi Bintang Langka ini biasa ditemukan di Thailand dan India. Namun untuk di Indonesia labi-labi jenis ini jarang ditemukan.

“Di Indonesia belum ada. di Ciliwung, di Jawa Barat pernah ada kalo di Jogja belum, ada juga di Jateng pernah ada jadi populasinya kecil,” katanya.

Donan menjelaskan Labi-labi di dunia ada tiga jenis, sementara dua jenisnya biasa ditemukan di Asia Tenggara termasuk jenis Bintang ini. Selain Thailand dan India Labi-labi Bintang ini terpantau di Filipina dan Malaysia.

“Data forensik belum ada, biasanya mereka ada di pasir atau lumpur yang ada di tepian. Ya sekitar 140 cm panjang total,” katanya.

Hewan jenis ini bisa hidup sampai 60 tahun. Menurutnya dari pantauannya Labi-labi yang ditemukan warga itu sudah puluhan tahun.

“Dari ukurannya ya bisa sampai puluhan tahun ya,” katanya.

Saat ini hewan tersebut sudah berada di Kebon Binatang Gembiraloka untuk proses karantina. Gembiraloka dipilih sebagai proses karantina karena memiliki fasilitas yang lengkap untuk pemulihan fisik hewan tersebut.

“Intinya untuk mengembalikan fisikologis dan fisik, diletakkan di kolam obeservasi kita bikin semirip mungkin. Ada kanopinya ada lumpurnya sedikit agar tidak stress karena biasanya mereka ada di habitat berpasir dan berlumpur,” katanya.

Bayu

Hubungan Palestina-Israel akan Jauh Berbeda ?

Previous article

Guguran Lava Gunung Merapi Muncul, Status Aman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature