Amazon Tidak Membayar Pajak Selama 2 Tahun

0
6
Amazon

STARJOGJA.COM – Amazon ternyata tidak membayar pajak penghasilan apapun kepada pemerintah Amerika Serikat dalam 2 tahun terakhir.

Bagaimana mungkin?

Meskipun terdengar tidak lazim, mengingat bahwa Amazon adalah salah satu dari 3 perusahaan teknologi terbesar di dunia dan meraup keuntungan sebesar $10 Miliar pada tahun 2018, namun ternyata hal tersebut benar adanya.

Namun kritik terhadap Amazon tersebut tidak serta merta menempatkannya sebagai pihak yang bersalah.

Matthew Gardner, mitra senior Institute on Taxation and Economic Policy mengatakan kepada CNN, “Ini merupakan usaha menghindari pajak (tax avoidance) dan bukan menghindari pajak secara illegal (tax evasion).”

“Tidak ada indikasi tindakan yang menyalahi hukum.”

Baca juga : Kenaikan Aset 500 Orang Terkaya Dunia Catat Rekor

Menurut CNN, Amazon memanfaatkan celah undang-undang pajak Amerika Serikat yang memberikan kompensasi kepada perusahaan yang mengalami kerugian untuk mengurangi pendapatan kena pajak mereka.

Menanggapi pernyatan tersebut, pihak Amazon memberikan penjelasan yang berbeda. Mereka menyatakan bahwa perusahaan sejatinya merugi hingga miliaran dolar di Amerika Serikat. Keuntungan Amazon didapatkan dari luar negeri yang hanya dikenakan pajak kecil atau tidak dikenakan pajak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here