Flash InfoHealth

Hati-hati Minum Panas, Bisa Picu Resiko Kanker

0
Konsumsi minuman ringan

STARJOGJA.COM, JOGJA – Untuk sekedar menghangatkan tubuh, minum teh panas di pagi hari merupakan salah satu pilihan sejumlah orang. Namun harus diperhatikan suhu teh yang diminum. Pastikan teh tersebut tidak terlalu panas karena berbahaya bagi kesehatan.

Hasil penelitian terbaru mengungkap adanya risiko pertumbuhan kanker kerongkongan akibat kebiasaan minum teh panas. Mengutip Solopos.com, Selasa (26/3/2019), minum teh panas dengan suhu lebih dari 60 derajat celsius meningkatkan risiko kanker hingga 90 persen.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 50.000 orang di Golestan, Iran, dengan rentang usia 40-75 tahun. Penelitian ini dilakukan sejak 2004 hingga 2017. Hasilnya, diketahui 300 orang menderita kanker kerongkongan. Tim peneliti mengungkap kanker itu muncul dipengaruhi temperatur teh yang terlalu panas.

“Kebanyakan orang gemar menikmati teh, kopi, atau minuman lainnya dalam kondisi panas. Berdasarkan hasil temuan kami, minum teh yang terlalu panas meningkatkan risiko kanker tenggorokan. Jadi, lebih baik menunggu suhunya turun terlebih dahulu sebelum diminum,” ungkap salah seorang peneliti, Farhad Islami.

Penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Cancer mendukung penelitian sebelumnya tentang hubungan teh panas dan kanker tenggorokan. Tetapi, penelitian ini lebih fokus meneliti temperatur suhu yang membahayakan.

Sementara itu, kanker kerongkongan bisa saja muncul karena cedera berulang akibat rokok, konsumsi alkohol, serta refluks asam. Hasil penelitian ini menunjukkan minuman panas bisa jadi penyebab munculnya kanker.

Lagi, Akses TPST Piyungan Ditutup Warga

Previous article

Pernikahan Dini di Sleman Mayoritas karena ‘Kecelakaan’

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info