Kota JogjaNews

Jumlah Hoax Semakin Meningkat Tiap Bulannya

0
Penyebar hoaks Covid-19
hoaks, Hoax

STARJOGJA.COM.JOGJA – Jumlah hoax semakin meningkat tiap bulannya. Kementerian Informasi dan Komunikasi mencatat ada 771 hoax dari Agustus 2018 sampai Februari 2019.

“Hoax meningkat cepat dari Agustus 2018 ada 771 hoax,” ucap Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara saat berbincang dengan Awak Media di Rabu, (27/12/2019).

Pada bulan Januari 2019 saja, Rudiantara memaparkan ada 174 hoax. Angka itu meningkat pada bulan Februari 2019 dengan 353 hoax.

Menurut Rudiantara, kebanyakan hoax bertema politik. Tema itu tumbuh subur karena saat ini sedang masa Pemilu.

“Hoax itu isinya apa? Paling banyak politik, 23 persen atau 181 (hoax), pemerintah ada 119. Jangan lah kita pesta politik (pemilu) tapi kelakuannya tidak seperti pesta politik,” ucap Rudiantara.

Baca juga : Lawan Hoax, Masyarakat diajak Jaga Jogja Yang Adem Ayem Tentrem

Kemenkominfo melakukan penilaian terhadap informasi yang tersebar di internet. Hasil penilaian itu dipublikasikan di stophoax.id

“Kami lakukan tindakan di dunia maya. Kami profiling, memberikan informasi kepada publik, beri stempel hoax. Kalau restoran ada menu of the day, kalau kami ada hoax of the day, bisa dilihat di stophoax.id,” ucapnya.

Kominfo Awasi Pelanggaran UU ITE Saat Masa Tenang Kampanye

Previous article

Ini Kebijakan PPDB SMP Kota Jogja 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja