News

Jangan Terpengaruh Hasil Quick Count

0
Pemilu di Luar Negeri
Jokowi-Amin menang di Sri Lanka (PPLN Colombo)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meminta masyarakat tidak terlalu terpengaruh suasana oleh banyaknya hasil hitung cepat (quick count) ataupun exit poll yang disajikan di media massa, media sosial, dan ruang publik.

“Sebagai kerja ilmiah, hasil survei merupakan sajian hitungan atau data yang patut dihormati, tetapi sama sekali tidak memengaruhi dan menentukan hasil pemilu,” katanya di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (18/4/2019), sebagaimana dilansir Antara.

Quick count Pemilihan Presiden 2019 yang disajikan oleh sejumlah lembaga menunjukkan bahwa pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca Juga :Ketua Umum PP Muhammadiyah : Islam itu Welas Asih

Namun, ada pula lembaga yang menyebutkan bahwa pasangan capres-cawapres Prabowo-Sandiaga yang berhasil unggul atas Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sementara itu, di Sumatra pasangan Prabowo-Sandiaga juga disebutkan unggul atas Jokowi-Ma’ruf Amin. Hal serupa terjadi di Jawa Barat. Hasil bervariasi terdapat di sejumlah daerah.

PP Muhammadiyah juga mengharapkan semua pihak dapat menerima dengan jiwa besar apa pun hasil Pemilu 2019 yang secara resmi akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum.

“Hendaknya semua pihak menghormati pilihan rakyat dan menerima hasil-hasil pemilu yang secara resmi akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan jiwa besar, kesatria, lapang hati, dan bijaksana,” kata Haedar Nashir.

Dia juga meminta apabila terdapat persengketaan pemilu hendaknya diselesaikan secara hukum yang dijamin oleh konstitusi disertai dengan jiwa musyawarah untuk kemaslahatan bersama.

Bahaya Radiasi Gawai, Simpan HP Anda Di Sini

Previous article

Cegukan Terpanjang Sampai 60 Tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News