Kab Sleman

UNBK SMP/MTs Sleman Berlangsung Lancar

0
UNBK SMP/MTs

STARJOGJA.COM, Sleman – Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun menyebutkan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SD/MI dan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK SMP/MTs pada hari pertama, Senin, berlangsung lancar.

“USBN dan UNBK SMP/MTs hari ini berlangsung lancar. Saya lihat pelaksanaan ujian tahun ini lebih sempurna dari tahun-tahun sebelumnya. Ini sangat mungkin, karena kita juga belajar dari pengalaman-pengalaman,” katanya dikutip dari Antara Senin (22/4/2019).

Jumlah peserta ujian jenjang SD/MI di Kabupaten Sleman pada tahun 2019 ini ada sebanyak 15.771 siswa, dan untuk jenjang SMP/MTs ada sebanyak 15.001 siswa.

Baca Juga : UNBK SMA/MA Hari Pertama di Jogja dan Sleman Lancar

Di hari pertama pelaksanaan ujian tersebut tidak satu pun siswa yang berhalangan mengikuti ujian. Seluruh peserta ujian baik SD/MI ataupun SMP/MTs dapat mengikuti ujian dengan baik sebagaimana mestinya.

“Kami mengapresiasi kinerja seluruh pihak terkait, sehingga ujian dapat terlaksana dengan lancar. Pelaksanaan ujian tahun ini relatif lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” katanya.

Menurut dia, fasilitas ujian juga telah disiapkan dengan baik, baik dari segi jumlah maupun kondisi dari fasilitas itu sendiri. Hal tersebut sangat penting demi kelancaran pelaksanaan ujian dan ketenangan para siswa dalam melaksanakan ujian.

“Tadi di SDN 1 Demak Ijo ada 63 siswa dibagi dalam empat ruangan. Ujian dapat berjalan tenang dan lancar. Sedangkan di SMPN 3 Gamping ini ada 182 anak. Semua komputernya siap dipakai baik jumlahnya atau kondisi komputernya, bahkan ada komputer cadangan,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Sri Wantini mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada kendala yang berarti pada pelaksanaan ujian jenjang SD/MI dan SMP/MTs tahun ini. Meski begitu, dia mengakui ada beberapa MTs dan SMP yang tidak dapat melaksanakan ujian di sekolahnya sendiri, namun harus menumpang di sekolah lainnya.

“Hal tersebut dikarenakan jumlah siswanya sedikit, sehingga untuk melaksanakan ujian diharuskan bergabung dengan sekolah lain. Jadi bukan karena komputernya tidak siap, tapi seperti beberapa MTs yang jumlah siswanya sedikit itu memang harus menumpang di sekolah lain,” katanya.

USBN dilaksanakan mulai 22 sampai 24 April 2019, sedangkan UNBK SMP/MTs dilaksanakan mulai 22 sampai 25 April 2019.

Ada empat mata pelajaran yang diujikan pada ujian tersebut, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

PBNU Kecam Tragedi Bom di Sri Lanka

Previous article

Orang Thailand Percaya dengan Astrologi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman