Flash Info

Tips Mudik Lebaran Pakai Angkutan Umum

1
subsidi angkutan umum
Ilustrasi bus

STARJOGJA.COM, News – Angkutan umum masih jadi pilihan para pemudik lebaran 2019 walaupun angkutan umum menjadi lebih padat dibandingkan dengan hari-hari biasa.  Ketua Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan mudik lebaran pakai angkutan umum akan meningkat 4,41% tahun ini.

“Menurut Kemenhub, mudik Lebaran kali ini terdapat 22,83 juta pemudik yang akan menggunakan angkutan umum,” ujarnya dikutip dari Bisnis, Selasa (29/5/2019).

Menurutnya, peningkatan paling tinggi pada penumpang bus umum, sebesar 3,88% yakni dari 4,51 juta penumpang pada 2018 menjadi 4,68 juta penumpang pada 2019.

Baca Juga : PT.KAI Daop VI Siap Angkut Pemudik di Lebaran 2018

Untuk para pemudik yang lebaran pakai angkutan umum, terdapat beberapa tips agar perjalanan mudik menjadi nyaman, aman, dan menyenangkan.

1.Datang lebih awal di stasiun,terminal bus,pelabuhan atau bandara

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, sehingga proses persiapan seperti check in dan lain-lain tidak terhambat. Selain itu, Pastikan tiket atau kode booking dan kartu identitas yang masih berlaku tidak tertinggal.

  1. Hindari membawa barang dan uang yang berlebihan

Estimasi berapa biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan seperti makan, minum dan biaya-biaya kecil lainnya. Tetaplah waspada, selama musim mudik, tingkat kejahatan di terminal, stasiun, pelabuhan maupun bandara relatif meningkat.

3.Membawa obat-obatan pribadi

Tips ini terutama untuk para pemudik yang memiliki riwayat gangguan kesehatanyang dapat muncul tiba-tiba. Adapun obat-obatan penting seperti obat anti mabuk, obat sakit kepala, dan pegal-pegal untuk antisipasi, serta vitamin.

  1. Catat nomor penting akses poin pengaduan.

Manfaatkan nomor tersebut jika terjadi permasalahan dalam perjalanan selama mudik. Sampaikan pengaduan dengan bahasa yang baik, sopan dan kronologis yang jelas.

  1. Upayakan menunggu jemputan keluarga atau transportasi umum di tempat yang ramai

Hal tersebut guna menghindari tindak kejahatan, terutama jika tiba ditujuan masih yang sudah malam. Dengan begitu, memperkecil peluang terjadi tindak kejahatan.

Sidang Isbat Awal Bulan Syawal 3 Juni 2019

Previous article

Grup Angklung Asal Kenya Pukau Ratusan Anggota PBB

Next article

You may also like

1 Comment

  1. Selain faktor keamanan, kondisi jalan yang sering macet juga membuat pemudik seperti Hasna Widya (20) lebih memilih untuk mudik menggunakan angkutan umum yaitu kereta api. Ia dulunya mudik ke Yogyakarta menggunakan mobil. Namun kini, ia lebih memilih untuk bersantai terbebas macet di dalam kereta api. “Tapi ya gitu, di Yogya jadi harus kemana-mana naik taksi online,” ujarnya.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info