Flash Info

Filipina Kirimi Kanada Sampah, Sengketa Berlanjut

0
galon sekali pakai
Sampah memenuhi Selokan Mataram di kawasan Kalasan

STARJOGJA.COM, Dunia – Filipina bersengketa dengan Kanada terus berlanjut soal sampah. Filipina kirimi Kanada sampah berjumlah puluhan peti kemas.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte memutuskan Filipina kirimi Kanada sampah setelah pertikaian lama mengenai eksport sampah.

Mengutip Antara sebanyak 69 peti kemas dimuat pada malam ke satu kapal di Pelabuhan Subic, sebelah barat-laut Manila, dan bertolak pada Jumat untuk perjalanan selama satu-bulan ke Kota Vancouver, Kanada.

Baca Juga : Filipina Tarik Diplomat dari Kanada karena Sampah

Satu pengadilan Filipina pada 2016 mengumumkan impor 2.400 ton sampah Kanada tidak sah, demikian laporan Reuters. Sampah itu diberi cap plastik untuk daur-ulang.

Kanada menyatakan sampah tersebut, yang dieskport ke Filipina antara 2013 dan 2014, adalah transaksi komersial pribadi yang dilakukan tanpa pengetahuan pemerintah.

“Pemerintah Kanada melakukan semua langkah yang perlu guna menjamin pengangkutan yang aman dan tidak merusak lingkungan hidup, penanganan dan pembuangan sampah di Kanada,” kata Mark Johnson, Juru Bicara Kementerian Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Kanada, di dalam satu pernyataan.

Filipina telah menuduh Kanada menghentikan, sehingga menyulut kemarahan dari Duterte, presiden yang dikenal keras terhadap pemerintah Barat.

Malioboro Bebas dari Kendaraan 18-20 Juni

Previous article

Jabat Tangan dengan Sultan Langsung 10 Juni

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info