Kota JogjaNews

BPBD Yogyakarta Targetkan 115 Kampung Tangguh Bencana di Akhir Tahun

0
Kampung tangguh bencana
Simulasi Sekolah Siaga Bencana ( FOTO : Humas Sleman)

STARJOGJA.COM,JOGJA. BPBD Kota Yogyakarta terus menambah jumlah Kampung Tangguh Bencana (KTB). Hingga akhir tahun, diharapkan Kota Yogyakarta sudah mempunyai 115 KTB.

Kepala BPBD Kota Yogyakarta, Hari Wahyudi mengatakan saat ini BPBD Kota Yogyakarta telah membentuk 109 KTB. Dari 109 KTB yang ada di Kota Yogyakarta, hampir semuanya merupakan KTB gempa bumi.

” KTB gempa bumi lebih dominan, sebab dampak yang ditimbulkan setelah gempa jauh lebih besar. Dari hasil diskusi masyarakat merasa gempa menjadi ancaman paling menakutkan bagi mereka. Padahal ada juga banjir sungai ,” jelas Hari kepada Star Jogja FM, Selasa ( 03/09).

BACA JUGA : Kampung Tangguh Bencana Kota Jogja sudah 101

Hari lebih lanjut mengatakan Pembentukan KTB, sangat membutuhkan komitmen dari warga kampung tersebut. Tidak hanya warga kampung saja, tetapi juga instansi pemerintah yang ada di sekitar kampung tersebut.

” Komitmen warga sangat penting untuk pembentukan KTB. Kami lebih mengoptimalkan masyarakat. Kalau terjadi bencana yang sesungguhnya, masyarakat sendiri sudah mandiri. Nanti BPBD kan datangnya belakangan,” ujarnya.

Ia berharap dengan pembentukan KTB, masyarakat bisa mengevakuasi secara mandiri dan mengurangi jumlah korban. Melalui KTB ia ingin masyarakat tidak panik dalam menghadapi bencana, sebab KTB juga nantinya sebagai sarana edukasi

“Sebagai bentuk mitigasi bencana, mereka akan kita pinjami alat evakuasi pertama berupa motor roda tiga, alat komunikasi, pelampung, dan alat vertical rescue,” jelasnya.

PLN Makin Getol Kembangkan Lini Bisnis Internet Rumahan

Previous article

Tertibkan Baliho Kandidat Caleg, 2 Satpol PP Tersengat Listrik, 1 Tewas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja