NewsNusantara

N250 Gatotkaca Jadi Karya Emas BJ Habibie

0
N250 gatotkaca

STARJOGJA.COM. JAKARTA – Presiden Ke-3 RI BJ Habibie selama hidupnya menorehkan prestasi di bidang teknologi, terutama penerbangan. Bahkan ia adalah sosok di balik terbangnya pesawat pertama hasil karya anak bangsa. Salah satunya adalah Pesawat N250  Gatotkaca buatan PT.IPTN yang kini berganti nama menjadi PT.Dirgantara Indonesia. N250 Gatotkaca Jadi Karya Emas BJ Habibie

IPTN N-250 adalah pesawat transportasi regional turboprop yang merupakan gagasan BJ Habibie. Huruf N berarti Nurtanio atau Nusantara, sedangkan 250 berarti pesawat bermesin ganda atau dua dengan kapasitas 50 penumpang. Pada tahun 1995, N250 mampu terbang ke langit nusantara.

“Diluncurkan tepat seminggu sebelum perayaan ulang tahun ke 50 kemerdekaan Indonesia, penerbangan pertama N-250 tuboprop penuh simbol. Ini adalah pesawat komersial pertama yang didesain dan dibuat seluruhnya oleh teknisi dan engineer Indonesia,” sebut media Globalsecurity.

BACA JUGA : MUI Himbau Salat Gaib untuk BJ Habibie

Pesawat ini merupakan ambisi besar pertama dari IPTN untuk bersaing di pasar pesawat turboprop kapasitas 50 sampai 70 penumpang. Ia menjadi bintang dalam pameran Indonesian Air Show edisi 1996 yang berlangsung di Cengkareng.

Prototipe pertamanya dengan nomor serial PA-1 kapasitas 50 penumpang terbang pada 10 Agustus 1995. Kemudian prototipe kedua dengan kapasitas 70 penumpang bernama N250-100, direncanakan terbang pada Mei 1996, tapi ditunda sampai kemudian terbang pada 19 Desember 1996.

Ini Pesan Terakhir Habibie untuk Susi Pudjiastuti

Previous article

5 Prestasi Membanggakan dari BJ Habibie

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News