Flash InfoHealth

Yuk Kenali Makanan Penyebab Obesitas

0
Hari Obesitas

STARJOGJA.COM, HEALTH – Menikmati makanan yang lezat memang bisa membuat seseorang susah mengendalikan nafsu makannya. Beberapa jenis makanan disebut sebagai salah satu sumber penyebab obesitas yang dialami masyarakat Indonesia.

Menurut data yang dikutip dari CNN Indonesia dari Riskesdas 2018 mencatat, prevalensi obesitas pada orang dewasa di atas 18 tahun mencapai 21,8 persen. Angka ini melonjak drastis dari 14,8 persen pada Riskesdas 2013 dan 10,5 persen pada Riskesdas 2007.

Tidak hanya berpengaruh terhadap penampilan seseorang, obesitas juga menjadi faktor risiko sejumlah penyakit tidak menular seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.
Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang berpotensi menjadi penyebab obesitas.

Baca juga : Obesitas Pada Anak, Kenali Gejala dan Menghindarinya

1. Makanan dan minuman berpemanis.

Mengutip CNN Indonesia, saat dikonsumsi berlebihan, gula mengubah hormon dan biokimia dalam tubuh, yang pada gilirannya berkontribusi terhadap penambahan berat badan.

2. Kentang goreng dan makanan yang digoreng lainnya.

Tak hanya menambah berat badan, makanan yang digoreng juga meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh.

3. Minuman bersoda.

Soda menjadi salah satu yang berada dalam deretan minuman dan makanan penyebab obesitas. Minuman bersoda diketahui tinggi akan kandungan gula dan kalori. Jika dikonsumsi secara rutin, minuman ini dapat memicu naiknya berat badan.

4. Cokelat.

Meskipun tidak semua jenis cokelat buruk untuk tubuh. Namun, jenis cokelat yang mengandung pemanis, pengawet, dan bahan adiktif lainnya dalam jumlah besar tak baik untuk dikonsumsi. Hal ini akan mengarahkan Anda pada meningkatnya risiko obesitas.

Masih banyak jenis makanan ataupun minuman yang lain yang mempunyai potensi menyebabkan obesitas apabila tidak dikendalikan dalam mengkonsumsinya. Sehingga penting untuk selalu menjaga pola makan yang baik sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Tanaman dan Hewan Purba Didentifikasi UGM Pemda DIY

Previous article

Ini Kiat Hindari Transaksi dari Fintech Ilegal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info