Nusantara

Limbah Onggok Dimanfaatkan Menjadi Panel Akustik

0
panel akustik dari limbah onggok
panel akustik dari limbah onggok (Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Sekelompok mahasiswa UGM berhasil mengolah limbah onggok hasil pengolahan tepung dari pohon aren yang kurang begitu dimanfaatkan. Para Mahasiswa ini mampu menjadikan panel akustik dari limbah onggok.

Inovasi ini berhasil menghantarkan Ardhi Kamal Haq dan tim meraih medali emas dalam ajang internasional 2nd World Innovation Technology Expo (WINTEX) 2019 yang diselenggarakan Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA), 9-12 Oktober 2019 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Ardhi mengungkapkan ide mengolah limbah onggok ini bermula dari keprihatinannya akan persoalan limbah onggok yang dihasilkan oleh UMKM pengolahan tepung dari pohon aren yang telah melebihi batas standar dari acuan yang ditetapkan pemerintah. Salah satunya seperti yang terjadi pada UMKM yang ada di Dusun Bendo, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Setiap Industri menghasilkan sekitar 600-700 Kg limbah onggok per harinya.

Baca Juga : Limbah Buah Pepaya Jadi Produk Pangan dan Kopi

“Limbah onggok sebanyak itu juka dibiarkan begitu saja akan mencemari lingkungan di sekitar industri UMKM,” jelasnya, Jum’at (24/10) saat konferensi pers di Laboratorium Fisika Material FMIPA UGM.

Kondisi itu mendorong Ardi dan tiga teman sefakultasnya di FMIPA yakni Said Ahmad, Muhammmad Dwiki Destian Susilo, serta Pamela Chanifah Zahro mencari solusi untuk mengurai permasalahan limbah onggok ini. Di bawah bimbingan Dr. Mitrayana M.Si, mereka pun mulai melakukan riset pemanfaatan limbah onggok menjadi panel akustik sejak bulan september 2018 silam.

Panel akustik yang dikembangkan keempat mahasiswa ini berbahan utama serat fiber limbah onggok. Untuk memperoleh panel akustik ini limbah onggok dikeringkan dibawah sinar matahari terlebih dahulu. Berikutnya dilakukan pemisahan antara serat fiber dengan serbuk onggok. Sementara untuk perekat menggunakan tepung kanji.

Selanjutnya limbah serat onggok dicampur dengan perekat dari tepung kanji lalu dicetak dan dipress pada tekanan 1000 psi agar adonan menjadi lebih padat. Kemudian dilakukan pemanasan dalam oven selama 2 jam pada suhu 100°C. Langkah terakhir dilakukan finishing panel akustik limbah onggok.

“Hasilnya diperoleh prototipe panel akustik dengan dengan dimensi 29,7 cm x 42 cm,” terangnya.

Diwiki menambahkan panel akustik ini mampu menyerap suara dengan baik. Memiliki karakter impedansi atau penyerapan suara yang datang mencapai 95 %.

“Hal ini artinya hampir semua suara yang datang teredam pada panel akustik ini,” ujarnya.

Pembuatan panel akustik oleh keempat mahasiswa UGM ini tidak hanya mampu mengatasi persoalan pencemaran lingkungan akibat limbah onggok. Namun juga memberikan alternatif panel akustik yang ramah lingkungan. Sebab, panel akustik yang banyak beredar di pasaran masih memakai bahan sintetis berupa busa dan styrofoam. “Harapannya panel akustik dari limbah onggok ini mampu mengurangi limbah onggok sekaligus menggantikan panel akustik yang beredar di pasaran dengan bahan yang ramah lingkungan,”pungkasnya

Keanu Reeves Dibidik Masuk Fast & Furious

Previous article

Polri Tangkap Tersangka Tindak Pidana Hacking di Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nusantara