Flash Info

Film Korea Selatan tentang Seksisme ini Jadi Trending

0
Korea Indonesia Film Festival
film Korea Selatan tentang seksisme (bisnis)

STARJOGJA.COM, Info – Film adaptasi novel kontroversial dan terlaris di Korea Selatan tentang seksisme sehari-hari yang dialami wanita, menduduki box office Negeri Ginseng pekan ini. Kemunculan film Korea Selatan tentang seksisme ini menyalakan kembali debat nasional mengenai peran wanita dalam masyarakat yang didominasi oleh pria.

“Kim Ji-young, Born 1982” berdasarkan buku yang terbit 2016 dengan judul yang sama. Film dirilis di Korea Selatan minggu lalu dan langsung menyoroti praktik di dalam negeri mengenai seksisme, gerakan #MeToo anti-pelecehan, dan feminisme.

Kisah ini mengikuti seorang wanita yang sudah menikah berusia 30-an yang merasa dipaksa oleh keadaan sosial untuk melepaskan pekerjaan dan impiannya untuk membesarkan anaknya.

Baca Juga : Film Korea Selatan Parasite Bawa Enam Penghargaan

Film ini menjadi No. 1 di box office Korea Selatan sejak dibuka seminggu lalu dan berhasil menjual 9,7 miliar won (US $8,3 juta) tiket, menurut data terbaru dari Dewan Film Korea.

Sejumlah wanita di antara hadirin menangis saat pemutaran film di sebuah bioskop kecil di Seoul.

Seo Mi-jeong, seorang wanita berusia 23 tahun yang berada di antara mereka yang menangis selama pemutaran film, mengatakan film itu tampak kurang bersemangat “feminis” daripada sekadar gambaran realistis tentang tantangan yang dihadapi perempuan.

“Meskipun ada beberapa bagian yang tampaknya dibesar-besarkan karena cerita, tetapi itu menyentuh kenyataan di masyarakat Korea Selatan yang menjauhkan wanita dari generasi yang berbeda dari kehidupan yang ingin mereka pimpin,” katanya, dilansir Reuters, Kamis (31/10/2019).

Film ini menyoroti perbedaan gender yang mencolok, termasuk meningkatnya jumlah pria muda Korea Selatan yang berpikir feminisme dan gerakan #MeToo telah melampaui kegunaannya.

“Saya tidak bisa berempati dengan premis bahwa seorang wanita yang lahir pada 1982 didiskriminasi ketika dia tumbuh dewasa,” kata Kim Won-koo, seorang pria berusia 29 tahun yang melihatnya pada hari pembukaan. “Banyak situasi yang tampaknya tidak realistis atau sangat, sangat langka.”

Wanita memberi nilai film rata-rata 9,5 dari 10 bintang di Naver, portal pencarian web teratas Korea Selatan, sementara pria memberi rata-rata 2,5 bintang.

Bagian dari keberhasilan box office tampaknya datang dari wanita Korea Selatan yang membeli tiket untuk mendukung tujuan tanpa benar-benar pergi ke bioskop.

Dalam sebuah survei terhadap 1.000 orang Korea Selatan berusia antara 19 dan 44 tahun oleh jajak pendapat Realmeter pada bulan September, 81,2% responden mengatakan konflik gender adalah masalah serius di Korea Selatan.

Korea Selatan telah menyaksikan perdebatan antara feminis dan tokoh publik pria dalam beberapa tahun terakhir ketika gerakan #MeToo menjerat sejumlah politisi, pekerja hiburan, agamawan dan atlet terkemuka yang dituduh melakukan pelecehan.

Tahun 2025 Layanan Pertanahan Secara Digital

Previous article

Kim Kardashian Ajukan Gugatan 2 Perusahaan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info