Topi Ciputra Ikut Dimakamkan Bersama Jenazah Pak Ci

0
Topi Ciputra ikut dimakamkan
Topi Ciputra ikut dimakamkan (Bisnis)

STARJOGJA.COM, Info – Jenazah begawan properti Indonesia, Ciputra yang identik dengan topi itu telah dimakamkan pada Kamis (5/12/2019) sekitar pukul 12.00 WIB. Ciputra yang kerap mengenakan topi fedora dengan logo Ciputra di tengahnya itu pun turut dikubur bersama jenazah almarhum di liang lahat. Topi Ciputra ikut dimakamkan di Jonggol, Jawa barat.

Topi Ciputra ikut dimakamkan diletakkan secara simbolis di atas peti jenazah oleh salah satu putranya, Candra Ciputra, sebagai penghormatan terakhir

Menurut putri sulung Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata, topi tersebut memang menjadi favorit ayahnya selama 4 tahun belakangan ini.

Baca juga: Ciputra Dimakamkan di Jonggol Jawa Barat

Dia menceritakan awalnya sang ayah gemar mengenakan topi winter khas Rusia untuk menutup kepalanya dari udara dingin. Namun, kemudian, suatu hari salah satu cucunya membelikan topi fedora dari Prancis. Sejak itu, Ciputra mengoleksi topi fedora dengan berbagai macam warna dan mengenakannya di berbagai kesempatan.

“Jadi ayah saya senang pakai topi itu berfoto di mana-mana. Terus mungkin rasanya terinspirasi dari beberapa pebisnis kalau pakai topi itu gagah. Jadi sejak itu ayah saya suka dan langsung nyuruh asisten beli bermacam-macam warna,” ujar Rina ditemui usai pemakaman Ciputra di Jonggol, Jawa Barat, Kamis (5/12/2019).

“Lalu, ayah saya pikir ah ini kan topi nggak ada artinya. Jadi kebetulan kami punya logo langsung ditempel di depannya, sehingga akhirnya itu jadi semacam trademark ayah saya, kemana-mana memakai topi,” kata Rina melanjutkan.

Adapun almarhum Ciputra dimakamkan di dekat makam kedua orang tuanya di pemakaman keluarga seluas 4 hektare di Jonggol, Bogor, Jawa Barat.

Dalam kesempatan ini, Rina mengaku terharu banyak masyarakat yang hadir untuk mengantarkan kepergian sang ayah ke tempat peristirahatan terakhirnya.

“Terima kasih kepada direktur senior, direktur-direktur lainnya dan juga general manajer yang selama 8 hari ini sudah bekerja keras mempersiapkan proses pemakaman ayah kami Dari Ciputra Artpreneur sampai ke Citra Indah ini sangat rapi dan anggun. Ini membuat saya terharu,” katanya.

Nuansa putih nampak menyelimuti pemakaman taipan properti Ir. Ciputra di tempat pemakaman keluarga, Jonggol, Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/12/2019).

Ratusan tamu pelayat, termasuk anggota keluarga, karyawan Grup Ciputra, serta rekan Ciputra memenuhi tenda pemakaman yang bernuansa putih dan cukup megah di kawasan peristirahatan terakhir keluarga Ciputra. Mereka juga mengenakan pakaian berwarna putih.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, jenazah memasuki kompleks pemakaman sekitar pukul 10.23 WIB. Jajaran direksi dan general manager Grup Ciputra berdiri berjejer menyambut iring-iringan jenazah sembari menaburkan bunga. Prosesi jenazah menuju tenda utama juga turut diiringi marching band.

Chairman dan Founder Grup Ciputra itu meninggal dunia di Singapura, pada Rabu (27/11/2019), pukul 01.05 waktu Singapura. Menurut putri sulung Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata, sang ayah meninggal karena faktor lanjut usia.

Ciputra atau yang akrab dipanggil Pak Ci lahir di Parigi, Sulawesi Tengah pada 24 Agustus 1931. Dia adalah seorang insinyur dan pengusaha properti di Indonesia. Dia terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses dengan kelompok usaha antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here