Kecanduan Gadged Termasuk Gangguan Mental

0
gangguan mental
Dr. dr.Carla R. Marchira, Sp.KJ

STARJOGJA.COM, JOGJA – Salah satu dampak dari kemajuan teknologi dan perkembangan sosial media adalah meningkatnya kasus gangguan mental terutama berkaitan dengan kecanduan gadged.

Sehingga kontrol orang tua bagi anak dalam penggunaan gadged penting untuk dilakukan. Sementara bagi orang dewasa sendiri juga harus selektif setiap mendapatkan informasi yang diperoleh dari gadged yang mereka miliki. Jangan sampai informasi yang diterima justru akan membuat depresi.

Dr. dr.Carla R. Marchira, Sp.KJ dari Fakultas Kesehatan UGM mengatakan, kontrol orang tua terhadap anak akan penting bagi pertumbuhan jiwa bagi anak-anak.

Baca juga: Indonesia Dukung Kondisi Kesehatan Rakyat Palestina

Ia mencontohkan adanya jenis kejahatan yang terjadi seperti klithih juga merupakan salah satu akibat dari kurangnya kontrol dari orang tua.

“Kasus klithih ini apabila kita selidiki dari sisi keluarga biasanya disebabkan karena kurangnya perhatian dari orang tua, bisa jadi karena keluarga yang tidak harmonis sehingga perhatiannya kurang,” katanya.

Upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif perlu upaya komperhensif melibatkan semua aktor pembangunan kesehatan serta komunitas, seperti tenaga medis dokter, paramedis, psikiater, psikolog, ahli gizi, perawat, apoteker, hukum, maupun dinas kesehatan.

“Dengan melibatkan beberapa ahli tersebut maka nanti akan diperoleh solusi yang tepat sesuai dengan yang dibutuhkan,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here