FeatureHealth

Belum Ada Terduga Kasus Coronovirus di Indonesia

0
nol kasus Covid-19
Virus Corona baru (reuters)

STARJOGJA.COM, Info – Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta Anas Ma’aruf menyatakan hingga saat ini belum ada terduga kasus coronovirus terdeteksi di Indonesia.

“Sampai saat ini belum ditemukan kasus terduga atau suspek pada penumpang atau kru pesawat dari China yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Anas saat dihubungi oleh Bisnis.com pada Rabu (22/1/2020).

Karena penyebaran virus ini yang sangat masif, Kementerian Kesehatan dalam mengirim surat edaran ke 135 Kantor Kesehatan Pelabuhan di seluruh Indonesia, baik jalur keluar masuk lewat udara, laut dan darat.

“Semua penerbangan dari China, dilakukan peningkatan pengawasan,” tegas Anas.

Baca juga: Kasus Virus Corona Pertama Konfirmasi di Korea Selatan

Dalam upaya mendeteksi infeksi virus corona yang sudah menyebar hingga ke Amerika Serikat ini, lanjut Anas, pihak petugas KKP diwajibkan untuk memperbaharui informasi.

Salah satu gejala dari penyakit mematikan ini adalah suhu badan yang tinggi, seluruh penumpang dan kru pesawat yang memiliki suhu badan di atas 38 derajat Celsius akan mudah terdeteksi lewat thermal scanner.

Penumpang atau kru pesawat yang memiliki gejala yang hampir sama dengan coronavirus nantinya akan diberikan health alert card atau kartu kuning, yang dalam keterangannya harus melapor dalam jangka waktu 2 minggu jika terdapat keluhan.

Anas juga mengingatkan selain menerapkan perilaku hidup sehat, warga Indonesia yang berpergian ke China disarankan untuk sementara tidak mengunjungi tempat-tempat berisiko tinggi penularan penyakit ini.

Stok Darah PMI Pada Januari Menurun

Previous article

Kisah DD Mencari Istri Berujung Bui

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature