Kab Sleman

Literasi Menjadi Kebutuhan Masyarakat Digital

0
literasi Digital
Talkshow di Desa Pentingsari soal Literasi (Humas Pemkab Sleman)

STARJOGJA.COM, Info – Era digital saat ini literasi menjadi sangat penting bagi masyarakat yang sudah melek media atau digital. Bahkan, menurut Sri Wantini selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, literasi sendiri merupakan kebutuhan bagi masyarakat. Literasi bukan hanya terkait baca tulis tetapi literat terhadap digital, literat terhadap budaya, dan juga literat terhadap kewarganegaraan.

Oleh karena itu pihaknya menggelar beberapa program untuk merangsang literasi ke masyarakat. Sri menambahkan salah satunya soal meningkatkan minat baca masyarakat, salah satunya adalah dengan adanya pojok baca.

“Karena pojok baca merupakan salah satu upaya kita untuk bagaimana memancing masyarakat itu untuk menjadi masyarakat yang literat,” katanya dalam talkshow di Kecamatan Cangkringan tepatnya di Desa Pentingsari yang bertemakan “Peran Pojok Baca Dalam Pengembangan Wisata” Selasa (28/01/2020).

Baca Juga : Pemerintah Diminta Tingkatkan Literasi Baca

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman melakukan “roadshow” ini memiliki tujuan sendiri termasuk di dunia digital. Sri menyampaikan tujuan dari adanya kegiatan “roadshow” ini untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya literasi dan juga memasyarakatkan literasi kepada masyarakat.

“Hari ini kita menyelenggarakan “roadshow “ minat baca dengan tujuan bahwa kita punya kewajiban untuk memasyarakatkan literasi yang ini harus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Ayu Laksmidewi selaku salah satu narasumber “roadshow” mengatakan literasi itu penting dalam hal ini desa wisata.
“Butuh kemampuan literasi agar meningkatkan daya tarik dari desa wisata itu sendiri,” ujarnya.

Ayu juga menambahkan, dengan literasi desa wisata dapat mengetahui keunikan dan kelebihan apa yang dimilikinya.

“ Dengan literasi akan muncul keunikan dari masing – masing desa wisata itu sendiri,” jelasnya.

Miley Cyrus dan Liam Hemsworth Akhirnya Resmi Bercerai

Previous article

Australia Akan Mengevakuasi Warga Sebab Virus Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman