Kota JogjaNews

Di luar Selasa Wage, Penutupan Malioboro Butuh Sosialisasi Lebih

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Suara bising deru mesin yang biasanya menjadi saksi sibuknya kawasan wisata Malioboro tidak terdengar saat itu. Jum’at (7/2/2020), kawasan wisata Malioboro kembali diberlakukan penutupan jalan bagi kendaraan bermotor. Penutupan malioboro bagi kendaraan berlaku baik bagi sepeda motor maupun mobil.

Hanya bis Trans Jogja dan kendaraan yang memiliki perlakuan khusus diperbolehkan melintas. Sesekali memang masih terlihat kendaraan nekad melintas, baik roda 2 maupun roda 4.

penutupan malioboro

FOTO : Arif Mujiono

Saat Starjogja.com memantau sepanjang jalan Malioboro, jalan yang biasanya sibuk dengan ramainya kendaraan nampak begitu lengang. Kondisi jalan yang lengang dan bebas dari kendaraan bermotor ini dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menikmati kawasan wisata Malioboro secara leluasa.

Persewaan sepeda Jogja Bike menjadi salah satu pilihan yang diminati bagi pengunjung Malioboro. Selain itu tidak sedikit pula yang menggunakan andong maupun becak untuk berkeliling sepanjang malioboro.

Rifa dan Ifa yang hari itu tidak sengaja berkunjung ke kawasan wisata Malioboro mengaku tidak tahu jika sedang diberlakukan uji coba semi pedestrian sepanjang Malioboro.

“Kami tidak tau mas kalau hari ini ada penutupan jalan di kawasan Malioboro, biasanya kan Selasa Wage,” kata Ifa.

Senada dengan Ifa, Rifa juga mengaku tidak tahu kalau sedang diberlakukan uji coba semi pedestrian sepanjang Malioboro.

“Saya juga tidak tau mas kalau hari ini ada penutupan Malioboro untuk uji coba kawasan semi pedestrian,” kata Rifa.

Mereka selama ini rupanya hanya hafal jika Selasa Wage saja kawasan Malioboro ditutup bagi kendaraan bermotor.

Sementara saat ditanya mengenai lokasi parkir dan juga sosialisasi yang sudah dilakukan oleh dinas perhubungan, mereka menjawab masih belum maksimal.

“Untuk parkir, kami di sebelah Ramai Mall, kalau sosialisai yang dilakukan sih masih belum maksimal ya mas, karena seperti kami juga baru tahu kalau hanya Selasa Wage itu mas penutupannya,” sahut Rifa.

Bagi kalangan muda seperti Rifa dan Ifa yang masih berstatus sebagai mahasiswa sosialisasi tentang lokasi parkir dan kapan saja akan dilakukan penutupan Malioboro masih harus digencarkan lagi,sembari berharap ujicoba penutupan seperti ini akan lebih baik lagi dilakukan pada saat week and.

“Mungkin uji coba seperti ini (penutupan Malioboro) akan lebih baik dilakukan pada saat hari Sabtu sama Minggu, biar tidak terlalu padat dengan kendaraan sehingga masyarakat bisa menikmati suasana Malioboro,” harap Rifa.

Kemenkes Siapkan Pemulangan WNI dari Natuna

Previous article

Saat Diare, Anak Gemuk Rentan Alami Dehidrasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja