Kab SlemanNews

Kwarnas Pramuka : Pembina Perhatikan Keselamatan!

0
aero microbubble
Lokasi ditemukan Korban Laka Sungai Sempor ( FOTO : Arif Mujiono)

STARJOGJA.COM, JOGJA –  Kwartir Nasional (Kwarnas)  Gerakan Pramuka Minta Pembina Pramuka Perhatikan Keselamatan. Pengurus Kwarnas juga menyatakan duka cita dan bela sungkawa yang mendalam atas Peristiwa kecelakaan air yang menimpa siswa SMP Negeri 1 Turi Sleman di Kali Sempor, Kecamatan Turi, Sleman, pada Jumat (21/2/2020. Selain itu juga Kwarnas Pramuka juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu penanganan dan pertolongan korban.

Dalam rilisnya, Sabtu (22/2/2020), Guritno, Kepala Pusat Informasi Nasional Gerakan Pramuka mengatakan, Kwartir Nasional melalui Komisi Pengabdian Masyarakat terus melakukan koordinasi dengan tim di lapangan untuk mengetahui kabar terkini mengenai peristiwa tersebut.

“Siapapun tentu tidak menghendaki tragedi tersebut terjadi. Namun demikian, sebagai bahan pembelajaran, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sekali lagi mengimbau kepada seluruh jajaran Gerakan Pramuka khususnya kakak-kakak pembina agar menerapkan pengetahuan manajemen risiko dan bijaksana dalam memberikan kegiatan kepada peserta didiknya,” tulis Guritno

BACA JUGA :  Tragedi SMPN 1 Turi, Polisi Akan Periksa yang Bertanggung Jawab

Di samping itu, lanjut dia, kakak-kakak pembina diminta selalu mempertimbangkan berbagai hal dan mengutamakan keselamatan semua peserta kegiatan seperti tertuang dalam SK Kwarnas No.227 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Kebijakan Manajemen Risiko dalam Gerakan Pramuka.

Sebagai organisasi modern dan bertanggungjawab dalam mendidik dan membina kaum muda Indonesia, Gerakan Pramuka menurutnya memiliki komitmen untuk mengelola risiko sebagai upaya untuk mencapai tujuan, serta memaksimalkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program dan penyediaan pelayanan, dalam berhubungan dengan anggota, pembina, pelatih, pengurus, staf, majelis pembimbing, pemerintah, serta infrastruktur, dalam lingkungan yang aman dan praktis, dirancang untuk mencegah kerusakan, kerugian, luka atau kehilangan pada Gerakan Pramuka atau pihak-pihak lain yang terkait dengannya.

Waspadai Cuaca Ekstrim di Puncak Musim Hujan

Previous article

851 Personil Gabungan Cari Korban Laka Sungai

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman