Health

Psikologis Pasien Positif Virus Corona Terganggu

0
budaya kesehatan baru
Petugas medis memeriksa kesehatan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China yang baru tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, dan akan diberangkatkan menuju Natuna dengan pesawat Hercules TNI di Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020). Sebanyak 238 orang WNI dari Wuhan, China tersebut selanjutnya dipindahkan ke Natuna untuk menjalani observasi selama kurang lebih dua minggu guna memastikan kesehatannya dan terbebas dari virus corona. ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri RI/mrh/aww.

STARJOGJA.COM, Info – Juru bicara penanganan Covid-19 untuk Indonesia Achmad Yurianto mengatakan kondisi fisik kedua pasien pertama virus corona Covid-19 di Indonesia dalam kondisi stabil, namun keduanya terpantau dalam kondisi psikologis yang terbebani.

Seperti diketahui, identitas kedua pasien pertama tersebut sempat tersebar luas melalui pemberitaan dan sosial media.

“Agak depresi akibat identitas terbuka. Sekarang mereka agak tertekan dengan itu. Faktor psikologis akan berlengaruh ke imunitas,” kata Yuri di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Yuri menjelaskan beban psikologis berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Hal itu diduga memengaruhi kemampuan pasien melawan Covid-19.

Baca juga: 4 WNI Positif Terinfeksi Virus Corona Membaik

Per hari ini, Senin (9/3/2020), hasil pemeriksaan laboratorium keduanya masih menunjukan positif Covid-19. Padahal, kata Yuri, keduanya telah menjalani masa isolasi selama 7 hari sejak pertama kali dinyatakan terinfeksi dan dengan catatan kondisi fisik yang terus membaik.

Adapun hingga siang hari ini, Senin (9/3/2020), Indonesia mencatat 6 kasus positif Covid-19. Semua pasien tengah diisolasi di rumah sakit.

Sebanyak 5 kasus di antaranya saling terkait. Awal mula kasus diduga ketika satu di antaranya tertular dari warga negara Jepang saat menghadiri sebuah acara pesta dansa di Jakarta.

Sementara itu 1 kasus lainnya, terinfeksi saat menjadi anak buah kapal Diamond Princess. Kapal tersebut sempat disebut sebagai episentrum penyebaran Covid-19.

Menurut Yuri, seluruh pasien saat ini dirawat tanpa gejala kesehatan yang signifikan dan juga tanpa alat bantu kesehatan, seperti selang oksigen dan infus. Hingga, Minggu (8/3/2020), Kementerian Kesehatan telah meneliti 620 spesimen terkait pengendalian wabah Covid-19 dari 25 provinsi. Sebanyak 21 tergolong suspect atau diduga telah terinfeksi, tetapi masih membutuh observasi lebih lanjut.

Kunci Juventus Ungguli Inter Milan

Previous article

Unicef Beri Langkah Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health