News

Sultan : Dua RS yang Akan Tangani Pasien Positif Corona

0
omicron sudah masuk DIY
Sultan Sapa Aruh di Kompleks Kepatihan (Humas Pemda DIY)

STARJOGJA.COM, Info – Ada dua RS yang akan menjadi rujukan untuk penanganan pasien positif Corona Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X mengusulkan jika dua rumah sakit yang akan menangani pasien positif Covid-19 ada di RSUP Dr Sardjito dan RSPAU Hardjolukito.

Sultan berharap dengan terpusat di dua lokasi ini akan memudahkan penanganan. Sekaligus untuk membuat kinerja tim medis lebih efektif.

“Kami sedang mencoba untuk menentukan mengisolasi bagi mereka yang positif di satu tempat. Mungkin kami sedang berproses untuk minta RS Hardjolukito yang membangun kamar baru itu kita jadikan tempat untuk bisa terkonsentrasi bagi mereka [yang positif]. Sehingga tidak ada di beberapa rumah sakit tetapi mungkin hanya di dua rumah sakit saja, terkonsentrasi di [RSUP] Sardjito dan Hardjolukito,” kata Sultan usai memberikan ernyataan terkait wabah corona di Bangsal Kepatihan, Senin (23/2/2020).

Baca Juga : Sultan Sapa Aruh, Wabah Corona Teringat Ronggowarsito

Ia menambahkan saat ini sejumlah fasilitas untuk penampungan pasien positif Covid-19 sedang dipersiapkan di RSPAU Hardjolukito. Menurut Sultan dengan terfokus di satu lokasi
maka tidak membuat dokter dan perawat capek dan penanganan lebih maksimal.

“Sehingga sumber daya manusia baik perawat dokter dengan segala kelengkapan yang ada bisa kami konsentrasikan tidak terlalu menyebar sehingga kami kesulitan mengkonsolidasikan potensi. Sehingga dengan cara seperti itu kita bisa membuat, semoga dokter dan perawat tidak terlalu capek. Fasilitas ini sedang kami selesaikan, dengan harapan kalau fasilitas selesai ada tambahan kamar besar yang memungkinkan kita lebih
konsentrasi pelayanan bagi mereka yang terkena virus,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui saat ini ada empat rumah sakit yang dipakai untuk menangani pasien positif virus Corona di DIY sesuai dengan keputusan Kemenkes RI. Empat RS ini adalah RSUP Dr Sardjito, RSUD Kota Yogyakarta, RS Panembahan Senopati Bantul dan RSUD Wates Kulon Progo.

Sultan HB X melalui SK Gubernur yang ditandatanganinya menambah jumlah RS Rujukan pasien virus Corona menjadi total 21 RS. Sehingga total ada 25 RS rujukan untuk pasien virus Corona di DIY.

Kecelakaan Sepeda Motor di Galur, 1 Meninggal

Previous article

Sebagian ASN di Bantul Kerja dari Rumah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News