Cerita Lippo Mall Menjadi Rumah Sakit

0
RS darurat covid-19
FOTO : mall menjadi rumah sakit (bisnis)

STARJOGJA.COM, Info – “Banyak yang tanya apa ini bener? Iya Papa [James Riady] sama @carolineriady mengganti mall menjadi rumah sakit. Yup, they did. Ini untuk menyelamatkan kehidupan. Mall bisa dibangun lagi, tetapi nyawa tak bisa tergantikan,”  tulis Henry Riady di akun instagramnya.

Cuitan Henry Riady – putra bungsu James Riady, pemilik raksasa bisnis Lippo — dalam Instagram Story beredar luas pada Selasa malam (31/3/2020). Informasi tersebut kemudian tersebar di berbagai platform percakapan digital termasuk whatsapp.

Caroline yang dimaksud dalam cuitan tersebut adalah kakak sulung Henry, orang yang kini dipercaya keluarga untuk mengelola bisnis jaringan rumah sakit Siloam.

Henry membagikan gambar bangunan Lippo Plaza Mampang, di Jakarta Selatan yang sedang dibongkar untuk diubah menjadi rumah sakit darurat dan tempat isolasi penderita Covid-19. Dia juga menunjukkan progress pembangunan penampungan sementara untuk para perawat dan dokter bangunan utama rumah sakit.

Baca Juga : Cegah Corona, Mall Jogja Sediakan Hand Sanitizer

Upaya yang dilakukan Lippo Group ini jelas menunjukkan betapa gawatnya wabah Covid-19 bagi kehidupan. Konversi mall menjadi rumah sakit darurat Covid-19 mungkin yang pertama, setelah pemerintah sebelumnya mengubah Wisma Atlet Asian Games 2018 di Kemayoran menjadi rumah sakit darurat untuk menghadapi wabah yang telah melanda lebih dari 200 negara tersebut.

Bisnis, hari ini, Rabu (1/4/2020) secara khusus menghubungi Caroline untuk mengetahui lebih jauh mengenai rencana jaringan rumah sakit Siloam untuk bahu membahu dengan semua pihak menghadapi wabah.

“Ini sebenarnya hasil dorongan Pak James yang melihat kebutuhan makin membludak dalam dua bulan ke depan. Jadilah mall menjadi ruang emergency, [dibangun] dalam dua minggu,” ujar Caroline.

Menurutnya, Lippo Plaza Mampang akan memiliki kapasitas 415 tempat tidur, tetapi untuk tahap awal akan dibuka dulu 180 tempat tidur. Rumah sakit darurat ini akan memanfaatkan tenaga medis dari jaringan rumah sakit Siloam. Kebetulan tak jauh dari mall itu, beroperasi Siloam Hospitals Asri.

Caroline mengatakan, pada Selasa (31/3/2020) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Pejabat Dinkes Kesehatan DKI Jakarta juga telah melakukan kunjungan ke rumah sakit tersebut.

“Tadinya hari ini saya mau suruh buka dan terima pasien, tetapi ternyata sirkulasi udara ada yang perlu diperbaiki. Jadi mungkin nunggu beberapa hari lagi.”

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke RS Darurat di kawasan Mampang, Jakarta Selatan yang dibangun Lippo Group untuk menangani pasien Covid-19 pada Selasa (31/3/2020).

Jaringan Siloam Hospitals rencananya akan mendedikasikan beberapa rumah sakit khusus untuk melayani para penderita Covid 19. Selain di Mampang, mereka juga melakukannya di RS yang berlokasi di Kelapa Dua, Tangerang.

Siloam, tutur Coroline juga memberikan tunjangan gaji tambahan untuk para petugas kesehatan karena mempertaruhkan keamanan diri di garis terdepan untuk menangani wabah Corona.

Adapun, rumah sakit lainnya memang tidak secara khusus untuk menampung pasien Covid-19. Namun, disediakan sekitar lima hingga 30 tempat tidur untuk pasien Covid-19.

“Karena kenyataannya sulit untuk merujuk dan kapasitas di Indonesia sangat kurang,” ucap Caroline.

Caroline menambahkan bahwa untuk menjadi rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena petugas medis harus dilengkapi alat pelindung diri (APD) agar tidak tertular, dan pemeriksaan swab untuk mendeteksi tertular atau tidak para tenaga medis yang kontak langsung dengan pasien terduga Covid-19.

Langkah Siloam membuka rumah sakit darurat Covid 19 ini tentu layak diapresiasi. Demikian juga dengan jaringan rumah sakit lain seperti Mitra Keluarga dan Hermina yang melakukan hal serupa. Covid-19, harus dihadapi dengan cara yang luar biasa.

Sumber : Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here