NewsNusantara

BMKG Sebut Angin Bawa Wabah adalah Hoaks

0
Sesar Opak
Logo BMKG

STARJOGJA.COM, JAKARTA – BMKG Sebut Angin Bawa Wabah adalah Hoaks. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan pesan berantai yang menyebut dalam tiga hari ke depan arus angin dari utara ke selatan membawa wabah penyakit merupakan kabar bohong alias hoaks. Masyarakat diminta tidak mempercayai.

Diketahui, pesan berantai mengenai angin bawa wabah itu beredar di beberapa grup WA. Isi pesan tersebut yakni, “Dear All…URGENT. Sebagai informasi dari Bapak Dir-1 bahwa 3 hari ke depan diusahakan seluruh anggota keluarga masing2 di rumah…untuk tidak keluar rumah, walau hanya untuk berjemur karena dalam 3 hari kdepan arus angina dari utara ke selatan membawa wabah (penyakit).”

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal menegaskan, informasi tersebut bukan berasal dari BMKG. Isi pesan yang beredar di WhatsApp tersebut juga tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Herizal menuturkan, saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau.

”Sehingga sirkulasi angin tidak lagi di dominasi angin dari utara (dari Benua Asia), bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur-selatan (dari Benua Australia),” kata Herizal, Kamis (9/4/2020).

Dia mengingatkan agar masyarakat untuk selalu mengecek kebenarn informasi yang beredar. Masyarakat dapat memperoleh informasi akurat BMKG melalui laman resmi maupun akun media sosial.

Merapi Erupsi Lagi Pada Jumat Pagi

Previous article

Belum Pasti Cuaca Hangat Hambat Virus Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News