Flash Info

Tips Mengatur Keuangan di Tengah Wabah Virus Corona

0
menghemat uang
uang receh

STARJOGJA.COM, Info – Pemerintah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membawa perubahan besar dalam pola hidup masyarakat. Melvin Mumpuni, Perencana Keuangan dari Finansialku mengatakan perlu ada tips mengatur keuangan ketika seseorang harus kehilangan pendapatan secara mendadak, dana darurat menjadi hal paling krusial yang dapat membantunya untuk tetap survive.

“Dana darurat itu banyak bentuknya, tidak hanya dalam bentuk uang tunai seperti tabungan atau deposito, biasanya emas atau barang-barang yang mudah untuk dijual atau dicairkan bisa menjadi dana darurat. Namun, idealnya dana darurat itu harus mencapai setidaknya 6 kali pendapatan,” tuturnya.

Namun, sayang tidak banyak masyarakat yang menyadari pentingnya dana darurat sehingga hanya sedikit yang benar-benar menyiapkannya dalam menghadapi kondisi seperti saat ini. Lantas, jika tidak memiliki dana darurat apa yang harus dilakukan?

Seseorang bisa mencari penghasilan tambahan dengan mencari alternatif lain. Salah satunya dengan menjadi reseller atau dropshipper yang menjual produk atau jasa yang dibutuhkan saat ini untuk kemudian dijual secara online.

Sebab, sambungnya, dalam kondisi saat ini banyak pelaku usaha yang menjual produknya dengan harga murah sehingga bisa dijual kembali dan mendapatkan keuntungan dari selisih tersebut. Saat bulan puasa ini, bisnis di bidang makanan bisa menjadi salah satu pilihan.

“Kalau belum siap dana darurat, kita harus pintar-pintar mencari sumber pemasukan lainnya. Banyak peluang yang bisa dicari saat ini, manfaatkan internet untuk mencari supplier yang produknya bisa kita jual kembali,” tuturnya.

Selain itu, kita juga perlu menahan diri dari berbagai pengeluaran-pengeluaran konsumtif yang dirasa tidak perlu. Biasanya, saat bulan Ramadan banyak orang yang konsumtif untuk membeli menu makanan untuk berbuka puasa, pengeluaran ini tentu bisa ditekan.

Caranya tentu saja dengan masak sendiri di rumah agar dapat lebih berhemat sehingga pemasukan yang didapatkan bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya yang lebih penting.

“Mengatur keuangan itu perlu seni dan logika karena setiap orang kondisinya berbeda sehingga strateginya juga berbeda, apalagi dalam kondisi sekarang, perlu banyak penyesuaian-penyesuain. Namun yang penting dan tidak boleh dilupakan adalah sedekah atau zakat dan kewajiban bulanan,” ujarnya.

Sumber : Bisnis

Olah Raga Sepeda saat Masa Wabah Corona

Previous article

Pengalaman Pasien Covid-19 Merasakan Gejala Sakit

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info