NewsNusantara

RS Darurat Covid-19 Terus Ditambah

0
RS darurat covid-19
FOTO : mall menjadi rumah sakit (bisnis)

STARJOGJA.COM, JOGJA – RS Darurat Covid-19 Terus Ditambah. Pemerintah berkomitmen terus memperbanyak jumlah rumah sakit darurat untuk penanganan virus corona atau covid-19 di Indonesia.

Juru bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yuriawan mengatakan penanganan di bidang kesehatan dilakukan melalui dua mekanisme pendekatan. RS Darurat Covid-19 Terus Ditambah.

Pertama di pra-RS, melalui pencegahan penularan lewat edukasi masyarakat. Yakni agar senantiasa mematuhi PSBB, dan protokol pencegahan Covid-19.

Upaya ini akan diperkuat dengan penelusuran kontak dekat, contact tracing dengan dari kasus positif terkonfirmasi yang dirawat di RS. Kegiatan ini akan dilaksanakan Dinkes setempat yang akan dibantu oleh aparat pemerintah setempat.

Menurut Yuri, keberhasilan upaya ini sangat bergantung pada peran serta masyarakat dan kerja sama di tingkat RT/RW/Desa untuk saling melindungi. Lindungi yang sehat, lindungi yang sakit, bantu.

Kedua, dengan pengelolaan RS, agar pasien positif Covid-19 mendapatkan perawatan yang baik, sementara para petugas terlindung dari kemungkinan penularan dari pasien yang dirawat.

Pemerintah akan terus melakukan penataan RS. Baik RS darurat dalam rangka karantina dan pasien terkonfirmasi positif dengan kebutuhan layanan yang tidak intensif. Artinya dengan keluhan ringan-sedang yang tidak bisa melakukan isolasi mandiri

Yuri menjelaskan bahwa RS darurat ini telah dibentuk contohnya di Wisma Atlet dan Pulau Galang, serta beberapa tempat besutan Pemda setempat.

Terpisah, Dua pusat belanja milik PT Lippo Karawaci Tbk. telah siap digunakan sebagai rumah sakit darurat dan rujukan untuk menampung pasien terinfeksi virus corona baru atau Covid-19 sesuai ketetapan Kementerian Kesehatan selama masa pandemi.

Rumah sakit rujukan tersebut dioperasikan oleh jaringan Rumah Sakit Siloam dan memiliki tiga paket layanan, yakni 7 hari, 72 jam, dan 24 jam.

“Pasien yang merupakan PDP [pasien dalam pengawasan] bisa langsung datang, daftar, dan melakukan swab secara pribadi di Siloam ini. Swabnya hanya tiga menit, yang lama biasanya proses lab sampai PCR [polymerase chain reaction],” ungkap Danang Kemayan Jati, Direktur Komunikasi Publik Lippo Group, Selasa (14/4/2020).

Layanan yang ada, ungkap Danang,  disiapkan bagi individu maupun secara masal bagi perusahaan untuk kelompok kalangan staf atau rekan sendiri.

Peneliti UGM Buat Alat Deteksi Virus Dengue

Previous article

Uji Coba Vaksin Covid-19 di Inggris Rampung Agustus

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News