Kab BantulNews

Bantul Siapkan RS Darurat Corona

0
varian delta juni

STARJOGJA.COM, BANTUL – Pemda Bantul siapkan bekas Puskesmas Bambanglipuro jadi RS Darurat corona. Langkah ini diambil bila rumah sakit yang ada, tidak bisa menampung pasien Coronavirus Disease atau Covid-19.

RS darurat Corona tersebut rencananya menempati bekas puksesmas lama Bambanglipuro di Jalan Samas, Dusun Selo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro. Gugus Tugas Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Bantul juga sudah mengecek kelayakan tempat tersebut sebagai rumah sakit darurat.

Sekretaris Daerah (Sekda) bantul, Helmi Jamharis mengatakan rumah sakit rujukan Covid-19, termasuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul sejauh ini selalu mengeluhkan keterbatasan ruangan, meski sudah ditambah dari empat ruangan menajdi 10 ruang isolasi.

Sebab, kata dia, selama ini rumah sakit rujukan merawat semua pasien dari mulai orang dalam pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hingga positif Covid-19, baik gejala ringan maupun berat.

“Pasien PDP [dengan gejala] ringan nanti bisa menempati tempat tersendiri. Salah satunya eks Puskesmas Bambanglipuro,” kata Helmi, Senin (30/3/2020).

Helmi mengatakan penyiapan rumah sakit darurat Corona itu merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemkab dalam pelayanan kesehatan masyarakat di tengah wabah virus Corona.

Saat ini pihaknya tengah mengkaji kekurangan pemanfaatan eks Puskesmas Bambanglipuro tersebut mulai dari sarana dan prasarana, kebersihan, dan sumber daya manusia, hingga dukungan warga sekitar.

“Secara umum kami lihat ketersediaan ruang bisa memadai sampai 100 pasien. Mohon dukungan warga masyarakat untuk mendukung tempat ini dijadikan tempat perawatan apabila itu harus dilaksanakan,” kata Helmi.

Bantul Siapkan Rumah Sakit Darurat Corona

Previous article

Sultan Keluarkan SE Bagi Pemudik dan Pendatang Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul