Kota JogjaNews

Tiga Klaster Besar Penularan Corona Di DIY

0
positif corona DIY
FOTO ; BPBD DIY

STARJOGJA.COM. JOGJA –  Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan ada Tiga Klaster Besar Penularan Corona Di DIY. Tiga Klaster besar ini menyumbang setidaknya 20 persen kasus positif, yang hingga Jumat (1/5) mencapai 104 kasus.

Paparan klaster tersebut secara detail diungkapkan pakar epidemiologi Universitas Gadjah Mada (UGM), dr Riris Andono Ahmad. Riris juga menjadi bagian dari gugus tugas DIY di bidang perencanaan, data dan analisa.

“Secara umum tadi sudah ada penambahan yang sebesar sembilan kasus baru sehingga kemudian kasus di Yogyakarta menjadi 104. Dari kasus-kasus yang terkonfirmasi tersebut, kami sudah melakukan contact tracing dan saat ini memang ada tiga klaster terbesar yang dominan di DIY, dua klaster terkait dengan jamaah tabligh dan satu klaster terkait dengan kegiatan di gereja,” kata Riris Jumat petang (1/5) di Yogyakarta.

Setiap klaster menyumbang peningkatan kasus cukup signifikan ketika uji usap tenggorokan mereka keluar. Pada 28 April misalnya, ada peningkatan 10 kasus di DIY terkait klaster ini. Sementara pada 1 Mei diumumkan sembilan kasus baru, yang juga menjadi hasil dari tracing di lingkaran tersebut.

Riris merinci, dua klaster jamaah tabligh terkait dengan klaster kegiatan tabligh di Jakarta. Dua warga Yogya yang mengikuti acara ini kemudian pulang, satu orang ke Gunungkidul dan satu orang ke Sleman.

Satu orang di Gunungkidul itu kemudian menularkan virus corona ke satu orang lain, yang kini telah meninggal. Satu korban yang meninggal tersebut menularkan ke sejumlah orang sehingga klaster tersebut sejauh ini sudah menciptakan 18 kasus. Di Gunungkidul, kata Riris penularan bahkan sudah masuk ke generasi kelima. Penelusuran lebih jauh terus dilakukan untuk menemukan kasus baru.

Satu orang jamaah tabligh lain pulang ke Kabupaten Sleman. Dia kemudian menularkan virus corona ke orang-orang yang terhubung dengannya. Termasuk dalam lingkaran klaster jamaah tabligh Sleman ini, adalah warga negara India. Seperti dilaporkan sebelumnya, 4 dari 15 anggota jamaah tabligh asal India yang tinggal sebulan terakhir di Yogya, dilaporkan positif virus corona. Menurut Riris, total ada 24 kasus yang ditemukan sebagai hasil penelusuran kontak dari satu peserta acara di Jakarta.

Sedangkan klaster ketiga yang cukup besar, adalah klaster Gereja Protestas Indonesia bagian Barat (GPIB). Klaster ini bermula dari kegiatan pertemuan GPIB di Bogor, yang juga menyebarkan kasus serupa di berbagai provinsi. Dari Yogyakarta, hadir tiga perwakilan anggota Jemaat dalam pertemuan di Bogor tersebut. menurut laporan gereja, setelah pulang tiga orang tersebut menjadi bagian dari kegiatan di Semarang dan sebuah pertemuan di Yogyakarta. Di klaster ini telah ditemukan 17 kasus sejauh ini, dan penelusuran masih berlanjut.

“Tiga klaster besar ini mengingatkan kita, bahwa ada resiko besar terkait kegiatan yang menyebabkan kerumunan massa. Oleh karena itu, kami mengimbau masyarakat agar tetap menghindari kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan, dan apabila ada orang yang bergejala di sekitarnya, bisa melapor ke Puskesmas terdekat,” tambah Riris.

BNI Bantu Mahasiswa Terdampak Corona

Previous article

Brazil Jadi Pusat Pandemi Covid-19 di Amerika Latin

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja