Health

Akademisi Jerman Hentikan Riset Klinis Hidroklorokuin

0
Obat Hydroxychloroquine
obat untuk corona

STARJOGJA.COM, Info – Obat anti-malaria hydroxychloroquine (hidroklorokuin) digemborkan menjadi obat Covid-19. Namun, akademisi di Jerman memutuskan untuk menghentikan riset klinis  hidroklorokuin  untuk Covid-19, lapor Spiegel Online seperti ditulis Antara pada Jumat (29/5/2020).

Hal itu dilakukan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pekan ini memutuskan untuk menghentikan sebuah uji coba besar terkait masalah keamanan.

“Kini kami mungkin menghentikan riset selama dua pekan,” kata Peter Kremsner, Direktur Medis Tuebingen University Hospital kepada Spiegel, yang melaporkan keputusan itu pada Kamis sore.

Baca Juga : Ternyata Obat Klorokuin Tidak Efektif untuk Corona

Selanjutnya akan dilakukan evaluasi apakah riset tersebut akan dilanjutkan, menurut Spiegel.

Hydroxychloroquine digembar-gemborkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pejabat lainnya sebagai pengobatan potensial untuk penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Trump mengaku mengonsumsi obat tersebut untuk membantu mencegah infeksi.

Namun, sejumlah negara Eropa pada Rabu mulai menghentikan penggunaan obat anti-malaria itu untuk mengobati pasien Covid-19, dan sebuah uji coba global kedua ditunda.

Baca Juga : Guru Besar UGM Minta Tidak Asal Minum Obat Klorokuin

Kremsner mengatakan kepada Spiegel bahwa dia tidak memiliki indikasi efek samping yang mungkin berhubungan dengan hydroxychloroquine, menyatakan yakin bahwa obat tersebut mungkin dalam beberapa kasus digunakan pada pasien, di mana risiko efek sampingnya sangat tinggi. “Saya yakin kami dapat melanjutkan uji coba.”

Tidak ada pihak di rumah sakit universitas yang bersedia berkomentar kepada Reuters.

Sumber : Antara/Reuters

Beralasankah Memprediksi Kasus Covid-19 Kota Surabaya Samai Wuhan

Previous article

Pabrik Mobil Nissan di Indonesia Bakal Tutup

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health